“Bila Allah Ta’ala Membongkar Aib Sang Hamba?”

 

Aib aa gym

Aib seorang muslim

Aib masa lalu

 

“Bila Allah Ta’ala Membongkar Aib Sang Hamba?”

Bismillah. Assalamu’alaikum.

1.BILA ALLAH MEMBONGKAR AIB SANG HAMBA?

2. Allah membongkar aib-aib hambnya dalam dua kondisi :

3. (1) Jika sang hamba mencari-cari kesalahan saudaranya.

4. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

5. “Janganlah kalian mencari-cari kesalahan-kesalahan kaum muslimin,

6. Karena barang siapa yang mencari-cari kesalahan mereka maka Allah akan menelusuri kesalahan-kesalahannya,

7. Dan barang siapa yang ditelusuri kesalahannya oleh Allah maka Allah akan membongkarnya (meskipun) dia di dalam rumahnya sendiri”.

8. (HR Abu Dawud no 4880)

9. (2) Jika sang hamba terlalu sering melakukan dosa secara sembunyi maka Allah akan membongkarnya sebagai pelajaran untuk yg lainnya

10. Jika satu aib kita atau satu dosa kita saja dibongkar oleh Allah maka mau taruh di mana wajah kita ini….??

11. Orang-orang yang selama ini menghargai atau menghormati kita maka akan menjauhi kita.. sahabat dekat akan menjauh.. bahkan memusuhi…,

12. Diantara doa Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam : Yaa Allah tutuplah aib-aibku… (HR Ibnu Maajah no 3871 dan Ibnu Hibbaan no 957)

13. Jadi, aib aib kita bisa gak ketahuan sama orang lain itu karena Allah Ta’ala yang menutupnya.

14. Nah kalo udah ditutup sama Allah Ta’ala. Kita jangan ngebongkar aib sendiri dong… Karena ada loh yang ngerasa sama aibnya.

15. “Eh.. gue semalem ini loh.. itu loh..” Padahal yang diumbar itu aibnya sendiri…

16. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

17. “Seluruh umatku mu’afa (dimaafkan dosanya), kecuali orang yang melakukan dengan terang-terangan.

18. Dan sesungguhnya termasuk melakukan dengan terang-terangan yaitu, seseorang melakukan sesuatu perbuatan (kemaksiatan) pada waktu malam,

19. … lalu dia masuk pada waktu pagi, kemudian mengatakan: “Hai, Fulan! Kemarin malam aku telah melakukan demikian dan demikian”.

20. Dia telah melewati malamnya dengan ditutupi (kemaksiatannya) oleh Rabb-nya (Penguasanya, Allah),

21. dan dia masuk pada waktu pagi menyingkapkan tirai Allah darinya”. [HR Bukhari, no, 6069 & Muslim]

22. Hadits ini secara jelas melarang menceritakan keburukan atau kemaksiatan pada masa lalu,

23. … karena hal itu termasuk melakukan kemaksiatan secara terang-terangan.

24. Dan sudah pasti, jika suatu larangan agama dilanggar, akan mengakibatkan hal-hal yang tidak baik.

25. Semoga manfa’at. Disadur dari artikel yang ditulis oleh Ust. @Firanda_Andirja dan sedikit dari @almanhajindo. Assalamu’alaikum.

Yuk… kita tutup Aib kita… Jangan di umbar… Sama Aib kok BANGGA.. Tutupin dong.. |

[Islam Diaries @IslamDiaries]

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: