# AJAK ANAK KITA MENYERAP LANGSUNG ENERGI RAMADHAN # by @daitangguh

 

Keluarga sakinah

Keluarga sakinah 1

sholat bersama kel

Ramadhan jangan disia 2kan

 

# AJAK ANAK KITA MENYERAP LANGSUNG ENERGI RAMADHAN #

1a) Ramadhan adalah bulan kebahagiaan, tidak terkecuali untuk mereka yang masih anak2. Sayangnya, sebagian besar anak2 belum…
1b) mendapat pemahaman yang benar tentang bagaimana semestinya mengisi waktu selama Ramadhan.

sebenarnya di Ramadhan inilah kesempatan besar terbentang luas dalam kehidupan keluarga kita untuk menanamkan kebiasaan positif pada mereka.
Bagaimana tidak, anak2 bisa bangun malam untuk sahur, kemudian mau ikut sholat Shubuh dan tentunya ikut tarawih juga di masjid.

Semestinya, orangtua tidak membiarkan momentum Ramadhan ini berlalu begitu saja, khususnya dalam kontek pendidikan anak.

Ajak mereka untuk memahami apa hakikat puasa ini, sehingga mereka bisa berpikir bahwa di bulan ini mereka mesti bersemangat menempa diri menjadi insan takwa.

Jadikan Ramadhan ini justru sebagai madrasah bagi mereka dengan cara langsung menyerap energi “langit” untuk menempa banyak pelajaran langsung dari Allah SWT

Inti puasa adalah menjadi pribadi muttaqin (QS. 2: 183). Dengan demikian sudah kewajiban para orangtua untuk mengajak anak2nya memahami hakikat puasa.

Di sini orangtua perlu mengajak anak-anak untuk dialog tentang apa sebenarnya yang mereka pahami tentang puasa ini. Caranya?

Ada banyak metode mengajak anak memahami puasa.

(1) bisa melalui dialog. Tanpa dialog, hanya memberikan kesan mendalam kepada orangtua tapi tidak pada anak.

(2) bisa dengan memberikan anak2 bahan bacaan (buku, majalah, atau situs di internet) yang menjelaskan tentnag keutamaan Ramadhan di zaman Nabi.

Tentu tidak cukup hanya memberikan, temani mereka dalam membaca atau bila perlu dibaca bersama-sama. Setelah itu, minta anak2 berpendapat.

(3) ajak anak untuk mengikuti aktivitas ibadah yang kita lakukan. Misal, orangtua sudah mempunyai kebiasaan qiyamul lail, maka ajaklah anak2nya.

Hal itu hanya untuk melatih saja, sekaligus memberi pemahaman kepada anak bahwa ada yang namanya sholat tahajjud.

Demikian juga dengan aktivitas ibadah lainnya, seperti sholat tarawih, mendengarkan taushiyah Subuh di masjid, termasuk membaca al-Qur’an di rumah.

(4) beri anak target yang sama dengan orangtua selama Ramadhan. Misal, hatam alQur’an, dalam targetnya orangtua & anak melakukannya secara bersamaan.

Dengan demikian, maka anak2 tidak akan merasa diperintah, tetapi merasa dihargai dan diajak, Insya Allah upaya ini akan diberikan kemudahan. Aamiin .

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: