# JELANG MAGRIB , ISYA , TARAWIH… #

 

Selamat-Berbuka

Magrib dan buka Puasa

Doa-berbuka-puasa

Sholat isya

Selamat Shalat Tarawih

 

# JELANG MAGRIB , ISYA , TARAWIH… #

DENGAN PUASA HATI JERNIH UNTUK BERPIKIR DAN BERDZIKIR

Diantara hikmah puasa adalah agar supaya hati kita jernih untuk berpikir dan berdzikir karena banyak makan minum serta memuaskan syahwat menyebabkan kelalaian dan adakalanya hati menjadi keras dan buta dari kebenaran karenanya.

Rasulullah -Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: “Tidaklah seseorang anak adam itu memenuhi suatu bejana yang lebih jelek dari pada perut. Cukuplah bagi seseorang makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika terpaksa harus menambahnya, hendaknya sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Imam Ahmad dll).

Nafsu perut adalah termasuk perusak yang amat besar. Karena nafsu ini pula Adam -Alaihis Salam dikeluarkan dari surga. Dari nafsu perut pula muncul nafsu kemaluan dan kecenderungan kepada harta benda, dan akhirnya disusul dengan berbagai bencana yang banyak. Semua ini berasal dari kebiasaan memenuhi tuntutan perut.

Sedikit makan itu melembutkan hati, menguatkan daya pikir, serta melemahkan hawa nafsu dan sifat marah. Sedangkan banyak makan akan mengakibatkan kebalikannya.

Berkata Abu Sulaiman Ad-Darani -Rahumahullah: “Sesungguhnya jiwa apabila lapar dan haus menjadi jernih dan lembut hatinya dan apabila kenyang menjadi buta hatinya.”[www.hatibening.com]

# Bulan Ramadhan adalah momentum bagi seorang hamba untuk membersihkan dari dosa-dosa dan mensucikan dirinya sebagai wujud penghambaan kepada Allah.

# Kewajiban puasa pada bulan Ramadhan merupakan perintah Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183

# “Jika bulan Ramadhan datang, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, & setan-setanpun dibelenggu.” (HR. Bukhari, Muslim)

# Alhamdulillah Adzan MAGRIB ,Met sholat Maghrib Selamat ifthar.

JELANG ISYA DAN TARAWIH .

# Tujuan puasa adalah “La allakum tattaqun” artinya “agar kamu bertaqwa .

# Sabda Rasullullah S.A.W. : ‘Sembahyang Isya’ (atamah). Katakan kubur itu adalah sangat gelap dan begitu juga pada hari Kiamat, maka seorang mukmin yang berjalan dalam malam yang gelap untuk pergi menunaikan sembahyang Isya’ berjamaah, Allah S.W.T. haramkan dari terkena nyalanya api neraka dan diberinya cahaya untuk menyeberangi titi sirath.’

# Shalat Tarawih adalah shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dalam Islam. Shalat sunnah hanya ada dan dikerjakan Di waktu bulan Ramadhan. Arti tarawih berasal dari bahasa Arab yang artinya waktu sesaat untuk beristirahat.

# Niat Melaksanakan Shalat Tarawih
Jika anda akan melaksanakan Shalat Tarawih maka harus berniat. Niatnya sebagai berikut:
Ushalli sunnatat taraawiihi rakataini (mamuman/imaaman) lillahi taaalaa
Artinya: Aku niat Shalat Tarawih dua rakaat ( menjadi makmum/imam) karena Allah Taala.

Subhanallah…walhamdulillah…walaillaha ilallah…Wallahu Akbar…Walahaulaa walaquwata illabillahil Aliyil Azhiem’

Selamat menjalankan ibadah sholat ISYA dan Sholat TARAWIH …

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: