SELAMAT BERPUASA MELAKUKAN IBADAH SOLAT TARAWIH.

 

Sholat tarawih dan Puasa fb

 

SELAMAT BERPUASA MELAKUKAN IBADAH SOLAT TARAWIH.

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar.

Allah Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu bagi siapa saja yang melakukan solat Tarawih dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dan redho Allah semata. Bukan karena riya’ dan sum’ah (ingin dilihat dan di dengar amal kebaikannya oleh orang lain.

Hal ini berdasarkan hadits SAHIH berikut ini:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (yakni solat malam pada bulan Ramadhan) karena iman dan mengharap pahala dan redho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah solat Tarawih.”

Ibnul Mundzir rahimahullah menerangkan berdasarkan nash (tekstual) hadis ini bahwa yang dimaksud “pengampunan terhadap dosa-dosa yang telah lalu dalam hadis ini adalah bisa mencakupi dosa besar dan dosa kecil.

Sedangkan imam An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil saja. Karena dosa-dosa besar tidaklah diampuni dengan sebab melakukan amal-amal Soleh, akan tetapi hanya dengan melakukan taubat Nasuha, yakni taubat yang sempurna.

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: