Silaturahim, Tali Cinta Manusia

Salaman

sebaik-baik-manusia

Silaturahmi

 

Silaturahim, Tali Cinta Manusia

Tali cinta manusia dengan manusia lainnya dalam Islam diungkapkan dengan istilah #silaturahim.

Kata ‘shilah’ berarti menyambung atau menghimpun. Sedangkan kata ‘rahim’ berarti kasih sayang.

#Silaturahim sering dipahami sebagai menjaga atau memelihara relasi yang baik, atau sekadar saling mengunjungi & berkomunikasi dengan berbagai cara.

Makna #silaturahim sesungguhnya jauh lebih luas dari itu. Silaturahim bermakna semua upaya untuk berbuat baik kepada orang.

#Silaturahim adalah semua perbuatan yang kita lakukan untuk membahagiakan orang, khususnya membantu melepaskan mereka dari beban yang menyengsarakan

Meski Islam menekankan agar kita mendahulukan kerabat dan keluarga, #silaturahim tidak berhenti sampai di situ saja.

Perbuatan baik dalam kerangka #silaturahim ini harus meluas kepada manusia seluruhnya, bahkan segenap unsur alam semesta.

Bahkan Nabi SAW. bersabda: “Berjalan bersama orang yang memiliki hajat lebih aku sukai ketimbang shalat 1000 rakaat di masjidku di Bulan Ramadhan”

Menjalin tali #silaturahim dalam wujud membantu memecahkan kesulitan manusia justru dapat memperkuat jalinan kasih sayang sesama manusia.

Memang cinta dan kasih sayang identik dengan dorongan untuk selalu memberi, bukan menuntut.

Mencintai adalah sebuah prinsip menempatkan kebutuhan dan kepentingan kita setelah kebutuhan dan kepentingan orang yang kita cintai.

Bahkan karena cinta, kita rela mengesampingkan kebutuhan dan kepentingan kita demai terpenuhinya kebutuhan dan kepentingan orang yang kita cintai.

Inilah filosofi dasar cinta dan kasih sayang. Dengan memberi dan berbuat baik pada manusia, kita pun akan mendapatkan cinta-Nya.

Nabi SAW. bersabda: “Sesungguhnya umat manusia adalah kerabat Allah. Maka barangsiapa mencintai Allah, dia akan mencintai kerabat-Nya.”

Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian kerjakan, kalian saling mencintai? Sebarkanlah salam antara kalian.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: