FACEBOOK………

Faceboo biru

Facebook mata

Facebook tangan

 

FACEBOOK………

Facebook adalah ‘dunia baru’ yang tercipta di penghujung zaman..dia ada bukan sekedar sebagai wujud kejeniusan ide seorang Yahudi nyentrik sekaligus rendah hati bernama Mark Zuckerberg.. namun lebih jauh dari itu..

Facebook tercipta untuk memenuhi kehendak takdir sebagai ujian bagi anak manusia dalam menapak hidupnya..akankah dia memilih facebook sebagai ladang amal menebar kebaikan ataukah menjadikannya sebagai ladang tempat menuai dosa…

Facebook adalah dunia yang sama persis dengan dunia nyata kita sehari-hari, bahkan pada beberapa aspek, pengaruhnya lebih ‘hebat’ ketimbang dunia nyata. Disini, didunia baru ini sebuah kebaikan akan bertransfer dari satu manusia kemanusia lain dengan kecepatan yang tak bisa diprediksi..hal yang sama ketika sebuah keburukan dilepas, dia menular cepat seperti virus ganas yang merangsek tanpa ampun kedalam sebagian otak manusia lain…ketika sebuah tulisan provokatif meluncur di media ini seketika sumpah serapah menyembur menimpali tanpa bisa dicegah..menciptakan hingar bingar yang memuakan…pun ketika sebuah tulisan bernas penuh inspirasi dan menyemangati hati.. bisa jadi akan menyentak kesadaran dan memotivasi manusia lain yang sedang larut dalam kerisauan dan keputusasaan…

Di dunia baru ini…jutaan tali silaturahmi baru terentang… ribuan anak manusia yang lama terpisah..dibatasi ruang dan ‘keasyikan’ menapak jalan hidup masing-masing telah tersatukan kembali…tegur sapa kembali menyeruak.. saling nasihat dan menyemangati terkadang hadir..pun saling goda dan mengusili pun tak luput bergelayut menghiasi ditemali silaturahmi mereka… Dan, jangan lupakan juga, ada ribuan manusia yang sebelumnya tak saling kenal..kini tiba-tiba terhubung, berkomunikasi intens melebihi sahabat lama..saling bercerita..saling mengusul ide, berdiskusi hingga melahirkan sesuatu yang bermakna…tak sedikit pula, tautan pertemanan di media ini berlanjut menautkan hati mereka…Jodoh seorang hamba kadang disodorkan melalui media ini…Hmm..terkadang cara Tuhan memberi sesuatu pada hambaNya melalui cara yang ajaib..dan tak terfikirkan.

Mari kita ‘hargai’ kado akhir zaman ini dengan proporsional dan bijaksana…Silaturahmi yang terentang adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kita selaku makluk sosial..bukankah seribu teman terasa kurang..dan satu musuh terlalu banyak. Seberapa memuakan..seberapa noraknya..dan seberapa lebaynya seorang teman menulis atau berkeluh kesah di wall kita..suatu saat kita akan memetik manfaat darinya…paling tidak ada hikmah yang akan kita pungut dari hubungan kita yang akan membangkitkan kesadaran, semisal “Ah..ternyata memang banyak yang mesti dipertimbangkan sebelum menyampaikan sesuatu” atau “Ah..tak semua hal mesti disampaikan, ada yang seharusnya tetap tersimpan”…bahkan ketika kita berkesempatan menyampaikan satu kalimat kebaikan pada teman yang menjengkelkan dan salah memilih jalan..bukankah itu salah satu kehendak Tuhan, dari pertemanan itu..
Tak ada yang sia-sia dari sebuah hubungan..bahkan setetes hujan yang jatuh ke bumi punya makna bagi kehidupan makhluk lain..apalagi hubungan antara anak manusia… makhluk yang bernahkodakan akal dan dituntun nurani..!

[Rudy Al Fajri]

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: