# Sekilas Puasa Ramadhan #

Marhaba ya ramadhan perjuangan

Ramadhan semangat

Ramadhan menyambut

 

# Sekilas Puasa Ramadhan #

Assalamu’alaikum Sahabat.. Bagaimanakah persiapan keilmuan kita untuk Memenangkan Ramadhan kali ini? Berikut sedikit ilmu yang Insya Allah manfaat.

Ilmu yang harus kita miliki adalah ilmu yang bisa membuat amalan selama bulan Ramadhan kita sah dan tidak sia-sia..

Juga makin menyempurnakan keberkahan dari amalan kita. Mari kita mulai dengan puasa, perintahnya ada dalam QS Al Baqarah: 183

Yang artinya: “Hai orang2 yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang2 sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Puasa -> menahan diri dari beragam pembatal puasa mulai dari terbitnya fajar subuh sampai tenggelamnya matahari di waktu magrib.

Puasa wajib dilaksanakan oleh orang yang telah baligh (ditandai dengan mimpi / haidh pada wanita), berakal (tidak gila), sehat dan~

~tidak sedang bersafar. Bagi orang yang sakit & musafir mendapatkan keringanan tidak berpuasa tapi harus mengganti di lain hari.

Juga untuk sepuh yang tidak kuat lagi untuk berpuasa & orang yang sakit menaun tak kunjung sembuh, mendapat keringanan tidak berpuasa.

Sebagai gantinya adalah menunaikan fidyah. 1 hari tidak puasa diganti fidyah 1 menu makanan seperti yang biasa kita makan..

Fidyah diberikan kepada orang miskin. Selain itu, wanita hamil & menyusui pun mendapat keringanan apabila mereka merasa~

~ berat atau khawatir pada keadaan diri/bayinya. Sebagai gantinya, mereka harus menunaikan qadha’ di hari lain saat ia mampu.

Adapun yang termasuk pembatal puasa adalah makan & minum dengan sengaja, muntah dengan sengaja, datang haidh dan nifas, keluar mani~

~dan berhubungan intim. Berhati-hatilah untuk tidak mendekatinya agar kesempatan batalnya puasa tidak datang..

Puasa dilakukan dengan berniat. Maksud niat adalah berkeinginan atau mengetahui dalam hati akan melakukan suatu ibadah.

Niat itu pun harus ada setiap malamnya. Sabda Rasul: “Siapa saja yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.”

Hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi, dan An Nasai dengan sanad shahih.

Demikian sedikit ilmu tentang puasa yang dinukil dari muslim.or.id/fiqh-dan-muama… ,MenangkanRamadhan.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: