*** REFLEKSI DIRI DI AKHIR TAHUN ***

Happy december

Repleksi

Rencana kehidupan

 

*** REFLEKSI DIRI DI AKHIR TAHUN ***
=====================================
(Luangkan waktu kita sejenak untuk merenung dan merefresh diri kita bersama )

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar..

Sahabat Muslimku …..mari kita mengingat-ingat perjalanan hidup yang sudah kita lalui. Di Bulan DESEMBER ini adalah Bulan di penghujung akhir tahun ,Coba sekarang kita merenung sejenak. Buat pertanyaan sebanyak mungkin tentang amalan kita :

– Sudah berapa tahunkah usia kita sekarang ?
– Apa saja yang telah kita lakukan sampai saat ini ?
– Sudahkah kita menginvestasikan amalan baik kita untuk hari esok yang lebih abadi ?
– Sudahkah kita menjalankan semua kewajiban yang Allah tetapkan ?
– Seberapa sering kita melanggar larangNya?
– Bagaimana shalat kita selama ini ?
– Bagaimana puasa, zakat, infak dan sadaqoh kita selama ini?
– Bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orangtua, keluarga, saudara, tetangga, temen, anak yatim, fakir miskin dllnya?

Atau mungkin kita coba membuat pertanyaan dengan mengingat-ingat dosa kita ;

– Dosa apa yang kita lakukan hari ini?
– Dosa apa yang kita lakukan hari kemarin ?
– Dosa apa yang kita lakukan minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu atau selama usia kita ini ? Dan sudahkah kita memohon ampun atas dosa-dosa tersebut?

Banyak.lagi pertanyaan2 lainnya. Lalu kita coba menghisap amalan kita sendiri. Kemudian bayangkan seandainya ajal menjemput kita hari ini atau besok atau mungkin minggu depan.
Mungkin tidak akan jadi masalah bagi kawan-kawan yang selama ini setiap langkah kehidupannya selalu disandarkan kepada Allah Sang Maha Pencipta.

Tapi bagaimana dengan kita yang masih merasa kurang atau tidak peduli dengan perintah-perintah Allah atau justru sebaliknya lebih banyak melakukan perbuatan-perbuatan dilarangNya?

Terus terang kalau mengingat pertanyaan tersebut diatas, badan tetasa lemas, hati menjadi bergetar, karena kita tidak yakin apakah kita telah siap menghadap panggilan Allah SWT. Namun apa yang harus dikata, penyesalan tak ada gunanya, waktu sudah beegulir dan kita tidak bisa kembali ke belakang. Apa yang sudah terjadi akan menjadi saksi pada Hari Akhir nanti.

Lantas apa yang kita lakukan? Apakah kita berdiam diri menyesali perbuatan yang telah kita lalui? Atau justru kita merasa terlanjur, sudah terlalu banyak dosa dan tidak mau memperbaiki diri? Tidak, jangan sampai terjadi demikian. Kita harus yakin bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Pembawa Kasih sayang, yang harus kita lakukan adalah kita HARUS SADAR SAAT INI JUGA BERSEGERA MEMOHON AMPUNAN ALLAH sesuai firmanNya, yang artinya ,

“Bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imran ; 133)”

Mudah-mudahan Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan kualitas keimanan kita. Allah memanggil kita dalam keadaan kualitas iman yang yang terbaik, dan memasukkan kita ke dalam jamaah yang dirihoiNya.

= SEMOGA BERMANFAAT UNTUK MEMOTIVASI UPGRADING IMAN KITA=

Untuk merefleksi diri tidak hanya di akhir tahun saja seharusnya setiap hari .

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: