Inilah 7 Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan

Berdoa didepan kabbah

Berdoa 11

Berdoalah 1

 

Inilah 7 Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan

CetroNews – Selain disukai dan dianjurkan oleh Tuhan, ternyata berdoa juga memiliki manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan. Orang yang berdoa berarti berusaha melepas semua masalah yang dihadapinya kepada Sang Pencipta. Setelah berdoa jiwa seseorang menjadi jauh lebih tegar dan mampu memandang positif pada kehidupannya. Dan tubuhpun ikut bereaksi memunculkan kebaikan.

Berikut beberapa manfaat berdoa dalam menunjang kesehatan yang dikutip dari DNA India:

1. Memperbaiki suasana harti. Di saat suasana hati sedang buruk, berdoa adalah salah satu solusinya. Pengharapan kepada Tuhan untuk dimudahkan dalam berbagai urusan membuat semangat seseorang kembali tumbuh. Orang yang berdoa akan jauh lebih mampu menghadapi kecemasan yang membuat suasana hati bimbang.

2. Bebas dari stres dan depresi. Berdoa membuat pikiran menjadi rileks. Segala hal yang membuat keluh kesah seketika terasa hilang dari pikiran. Efek tekanan batin tidak terlalu dirasakan kembali. Berdoa seperti seseorang yang sedang curhat namun dengan kualitas yang maksimal dan penuh pengharapan.

3. Berdoa dapat membantu mengeluarkan racun di tubuh. Dalam terapi alternatif Ayurveda, detoksifikasi racun bisa berjalan lebih lancar ketika orang memanjatkan harapannya kepada Tuhan.

4. Menurunkan risiko penyakit kronis. Kondisi stres sangat berhubungan dengan munculnya masalah kesehatan lain. Seperti penyakit jantung, hipertensi, bisul, diabetes, hingga migrain. Menurunnya tingkat stres membuat seseorang terhindari dari risiko penyakit-penyakit tersebut.

5. Memulihkan penyakit. Hasil penelitian mengungkap bahwa berdoa bisa membantu proses penyembuhan luka bedah berjalan lebih cepat. Selain itu, berdoa juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menimbulkan pengaruh positif untuk penyembuhan sakit.

6. Menyehatkan jantung. Berdoa juga membantu pemulihan jantung setelah terjadinya serangan maupun usai proses tindakan operasi. Aktivitas ini turut membantu detak jantung berfungsi dengan baik.

7. Pikiran lebih bahagia. Hasil penelitian di Universitas Pennsylvania menemukan bahwa berdoa meningkatkan hormon dopamin. Hormon dopamin ini keluar untuk membuat perasaan orang menjadi bahagia dan merasa tenang.[C01]

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: