Tidak terasa bulan Juni akan memasuki bulan Ramadhan

Ramadhan allahumma-baariklana-fii-rojaba-wa-syabana-wa-ballighnaa-romadhon

Ramadhan-mubarak

 

Ramadhan datang

Ramadhan rahmat

Ramadhan gembok

 

Tidak terasa bulan Juni akan memasuki bulan Ramadhan, tentunya harus ada yang di persiapkan. Admin mau kasih tips nih persiapan menjelang Puasa

1. Persiapan iman
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan suci dimana seharusnya kita meningkatkan amalan -amalan dibanding bulan di luar Ramadhan. Untuk itu kita perlu menyiapkan iman kita karena iman adalah ibarat energi yang menggerakan ibadah kita di bulan Ramadhan, tanpa iman yang kuat tentunya akan sulit buat kita untuk berpuasa seharian ditambah lagi melakukan ibadah sunah yaitu shalat tarawih pada malam harinya dan ibadah-ibadah sunah lainnya.

2. Persiapan fisik
Sebelum menjalani puasa wajib dibulan Ramadhan, ada baiknya jika kita seriang latihan puasa dahulu. Rasulullah SAW sebelum masuk bulan Ramadhan, biasanya beliau lebih meningkatkan lagi berpuasa sunah, dengan maksud agar pada saat kita memasuki bulan Ramadhan, fisik kita sudah terbiasa untuk berpuasa sehingga ketika pada saat bulan Ramadhan puasa kita menjadi puasa yang terbaik.

3. Persiapan ilmu
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita harus persiapkan pengetahuan kita tentang amalan-amalan yang akan kita lakukan di bulan ramadhan agar nantinya amalan-amalan yang kita lakukan menjadi amalan yang terbaik. Hadirilah majelis-majelis ilmu, bacalah buku-buku mengenai puasa, shalat tarawih dan amalan lainnya.

4. Persiapkan biaya
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana segala amalan kita dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, bulan Ramadhan juga sering disebut sebagai bulan berbagi. Nah, ada baiknya jika kita menyiapkan dana lebih untuk bersedekah misalnya, atau untuk berbagi makanan berbuka karena menurut Rasulullah SAW, barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka pada orang yang berpuasa walau hanya sebiji kurma, maka diharamkan neraka baginya.

Mari kita jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan pertaubatan kita. isilah bulan ramadhan dengan amalan-amalan terbaik. jangan sia-siakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini, jangan biarkan ia berlalu dengan percuma, jangan sampai di akhir Ramadhan kita menyesal dan menjadi orang yang merugi karna ditinggalkan bulan Ramadhan tanpa ada peningkatan iman, tanpa ada peningkatan ketakwaan dan kita merugi karena kita tidak termasuk orang-orang yang kembali ke fitrah atau suci kembali selepas Ramadhan.

Semoga bermanfaat dan selamat beristirahat

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: