Dosa-Dosa Besar Yang Dilakukan Oleh Hati dan Anggota Tubuh Yang Tampak

Dosa dosa besar

Dosa dan maksiat

Dosa 2

Dosa mengubah

Dosa lama taubat

 

Dosa-Dosa Besar Yang Dilakukan Oleh Hati dan Anggota Tubuh Yang Tampak.

Dan orang2 yang telah mengerjakan kejahatan, lalu bertobat dan beriman niscaya setelah itu Tuhanmu Maha Pengampun,Maha Penyayang” (QS: 7 : 153 )

Sahabat Muslimku silahkan baca buku “FIQH PRIORITAS”karya Ustdz.Yusuf Al-Qordhawy tentang kemaksiatan besar yang dilakukan oleh hati manusia.Hlm.203

Mari kita bahas tetang “FIQH PRIORITAS”karya Ustdz.Yusuf Al-Qordhawy tentang kemaksiatan besar yang dilakukan oleh hati, silahkan disimak.

1).Kemaksiatan dan dosa-dosa besar tidak terbatas pada amalan lahiriah sebagaimana anggapan orang banyak. (next on)

2) Akan tetapi, kemaksiatan yang lebih besar dosanya dan lebih berbahaya ialah yang dilakukan oleh hati manusia itu sendiri.

3) Amalan yang dilakukan oleh hati manusia adalah jauh lebih utama&lebih besar daripada amalan yang dilakukan oleh anggota

4) Begitu pula dengan kemaksiatan yang dilakukan oleh hati manusia juga lebih besar dosanya dan lebih besar bahayanya.

5) contohnya yaitu kemaksiatan yang telah dilakukan oleh Nabi Adam as&hawa,yang melanggar seruan Allah.Ia memakan buah dari pohon yang dilarang Allah

6) Nabi Adam&hawa ternyata ketika makan buah yang dilarang Allah itu ia baru tersadar kalau itu adalah jebakan setan,sehingga,,,Allah berfirman

7) Silahkan Baca firman Allah di dalam Al-Quran: Thaha:121-122 (seruan Allah kepada Nabi Adam dan Hawa atas apa yang dilanggarnya)

8) Lalu setelah menyadari keimanan dalam hatinya telah dilemahkan iblis,maka Nabi Adam dan Hawa bertaubat kepada Allah,sehingga muncullah,,(next)

9) ..Firman Allah di dalam Al-Qur’an yg menjelaskan tentang diterimanya tobat dri keduanya: Silahkan baca QS: Al-‘Araf:23 dan Al-Baqarah:37.

10).Nah, itulah kemaksiatan yang pernah dilakukan Nabi Adam&hawa yang secara lahiriah(dengan anggota tubuhnya),namun Allah menerima tobatnya.

11).Sementara itu iblis melakukan kemaksiatan di dalam hati yang tidak tampak. Yang sudah pasti akan diberikan balasan yang buruk oleh Allah SWT.

12). Sesungguhnya kita masih berharap lebih dengan kebaikan-kebaikan yang perlu kita aplikasikan di setiap hela nafas kita.

13). Dan sesungguhnya kami berlindung kepada Allah dari segala kemaksiatan dan dosa besar. Allah-lah sebaik-baik dzat yang menerima tobat.

14) Kemaksiatan yang dilakukan di dalam hati tergolong ke dalam dosa-dosa besar (baca ‘FIQH Prioritas,Yusuf Al-Qordhawy,hlm:204)

15) Kebanyakan kemaksiatan dalam hati adalah pendorong kepada kemaksiatan besar yang dilakukan anggota tubuh kita yang tampak.

16). Kemaksiatan di dalam hati yang diinterpretasikan pada anggota tubuh yang tampak dapat berupa kesenangan manusia untuk melanggar dri ketetapanNya

17).Ada contoh kemaksiatan dalam hati yang diinterpretasikan pada anggota tubuh seperti kesombongan, kedengkian+kebencian,kekikiran yang diperturutkan

18..(next) Hawa nafsu yang dituruti,ta’ajub terhadap diri sendiri,Riya’/pamer,cinta dunia,cintaharta/tahta/keahormatan,hal2 kecil yang diharamkan,,

19)& orang2 yang telah mengerjakan kejahatan, lalu bertobat dan beriman niscaya setelah itu Tuhanmu Maha Pengampun,Maha Penyayang” (QS 7 : 153 )

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: