# Seramnya jalan penghubung surga#

 

Shirotolmustaqin

Surat qs al maidah 74

Kiamat hari

 

# Seramnya jalan penghubung surga#

Dalam Al-Quran surat Maryam, Allah SWT menyatakan, semua makhluk hidup akan mengalami peristiwa dahsyat yaitu menyeberangi suatu jembatan yang dibentangkan di atas kedua punggung neraka jahanam. Peristiwa ini akan dialami setiap orang beriman.

“Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu keharusan yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.” (QS Maryam [19]: 71-72)

Mendatangi dalam QS Maryam [19]: 71-72 di atas ialah melintas di atas neraka jahanam dengan menyeberangi jembatan yang dinamakan sirotol mustakim. Orang yang memiliki ketaqwaan baik Allah SWT menjamin keselamatan orang itu, namun berbanding terbalik bagi orang yang ketaqwaannya diragukan Allah SWT.

Kata Sirat al-mustaqim sendiri jika lebih detail dibahas disebut berkali-kali dalam Al-Qur’an. Di antaranya adalah dalam surah al-A’raaf (7): 86, al-An’aam (6): 153, al-Fatihah (1): 6.

Sirat al-mustaqim adalah sebuah jalan (jembatan) yang pasti dilewati oleh setiap manusia untuk menuju ke surga Allah SWT di akhirat nanti. Hanya orang-orang yang bertakwa dan yang di ridai Allah SWT yang berhasil melewati jalan pelintasan ini karena perbuatan baik mereka di dunia. Adapun arti kata Sirat al-mustaqim di dunia adalah jalan beriman kepada Allah SWT, RasulNya, Kitab-Nya, dan hari Akhir.
[Merdeka.com ]

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: