Rasulullah bersabda ” Dunia di huni empat ragam manusia “

 

Ilmu melebihi ibadah

Ilmu Allah buku lilin

siapa kah

Siapakah-aku

 

Rasulullah bersabda ” Dunia di huni empat ragam manusia yaitu :

1.Manusia yang di beri Allah ilmu dan harta,lalu mereka bertakwa kepadaNya. Menyantuni saudaranya dan melakukan apa yang di wajibkan atasnya,maka dia memiliki kedudukan yang mulia di sisi Nya.

2.Manusia yang di beri Allah ilmu saja,namun tidak di beri harta. Tapi mereka tetap berniat untuk bersungguh-sungguh mencari harta. Sebenarnya,jika memperoleh harta,mereka akan berbuat sama halnya dengan manusia yang pertama. Maka kedudukan manusia pertama dan kedua sama di sisiNya.

3. Manusia yang di beri Allah harta tapi tidak di beri ilmu. Mereka membelanjakannya dengan berhamburan atau foya-foya tanpa ilmu (kebijaksanaan ). Mereka tidak bertakwa kepadaNya,tidak menyantuni saudaranya,dan tidak memperdulikan kewajiban atasnya. Maka mereka memiliki kedudukan buruk di sisiNya.

4. Manusia yang tidak diberi harta maupun ilmu dari Allah. Lalu mereka berkata ” Seandainya aku memiliki harta kekayaan,maka aku akan melakukan selayaknya orang-orang yang menghamburkan uang, serampangan dan membabi buta seperti manusia ketiga. Maka kedudukan keduanya sama,buruk disisi Allah.”
( Hr Tirmidzi dan Ahmad )

Renungkanlah,Masuk ke ragam manusia manakah kita??

Wallahu’alam bi shawwab.?

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: