Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Otak

 

Otak bersujud

Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Tahukah anda, otak manusia adalah bagian tubuh badan manusia paling rumit dan sebagian besar masih belum di pahami. Namun, bahagian otaklah yang membuatkan bagian tubuh lain bekerja dengan baik. Tubuh badan manusia masih boleh hidup tanpa otak tetapi tanpa otak, manusia tidak benar-benar hidup. Keunikan yang ada pada otak.

1. Otak tidak merasa sakit

Meskipun otak memproses signal rasa sakit, otak itu sendiri benar-benar tidak dapat merasakan rasa sakit.

2. Otak memerlukan oksigen dalam jumlah besar

Otak kita memerlukan 20% oksigen dan kalori yang diperlukan tubuh, walaupun otak hanya 2% dari keseluruhan berat tubuh.

3. 80% dari otak ialah air

Tidak secara relatifnya padat, 80% kandungan otak manusia adalah air dan penting untuk manusia benar-benar mempunyai tahap hidrasi yang tinggi untuk menjaga pemikiran yang waras.

4. Otak aktif pada malam hari

Mungkin anda pikir bahwa otak anda lebih aktif di siang hari ketika bagian tubuh yang lain juga aktif. Akan tetapi faktanya bukan demikian. Otak kita lebih aktif ketika kita tidur.

5. Otak memakan daya sebesar 10 watt

Memang benar, kekuatan komputasi luar biasa yang dimiliki otak hanya perlu 10 watt untuk beroperasi.

6. Lebih tinggi IQ, lebih banyak mimpi

Semakin anda pintar, semakin banyak anda bermimpi. IQ tinggi juga dapat melawan penyakit mental. Beberapa orang juga yakin bahwa mereka lebih pintar dalam mimpi berbanding ketika mereka sadar.

7. Otak berubah bentuk ketika fasa permatangan manusia atau puberty phase

Masa remaja anda lebih dari sekadar perubahan bagaimana anda merasa; struktur otak berubah selama masa remaja, dan bahkan mempengaruhi perilaku impulsif dan berisiko.

8. Otak dapat menyimpan segalanya

Secara teknikal, otak memiliki kemampuan untuk menyimpan semua hal yang anda alami, lihat, baca atau dengar. Namun, masalahnya ialah mengingat kembali – apakah anda dapat mengakses informasi tersebut.

9. Informasi dalam otak bergerak dengan kecepatan berbeda

Sel-sel neuron dalam otak dibuat berbeda, dan informasi bergerak melaluinya dengan kecepatan berbeda. Inilah mengapa seringkali anda dapat mengingat suatu informasi sangat cepat, dan seringkali juga membutuhkan waktu lebih lama

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: