EMPAT USAHA RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM. atas MESJID

 

mesjid ABU Dabi

Mesjid dan kegiatan nya

 

Jemaah Tablig

Khuruj

JT jalan

 

EMPAT USAHA RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM. atas MESJID.

1. membangun masjid
2. meluangkan waktu untuk masjid
3. menghidupkan amal masjid
4. mengirim rombongan dakwah ke seluruh alam

Pusat kegiatan Nabi SAW adalah masjid, tempat berkumpulnya ummat adalah masjid. Dan Nabi SAW menjadikan masjid sebagai tempat menyelesaikan seluruh permasalahan ummat, apabila ummat meletakkankan seluruh pemecahan masalah di masjid, maka dgn sendirinya ia menjadi ahli masjid. Masjid bukan sekedar tempat solat tetapi juga berfungsi utk menghidupkan seluruh amal agama. Dengan susana masjid akan memberikan tarbiayah kepada ummat dlm suasana agama.Setiap usaha yg tdk ada hubungan dgn masjid, tdk menjadikan seseorang berada dlm suasana lingkungan yg islami, dan tdk mendapatkan keberkahan dalam pekerjaan itu.

Saat ini hampir seluruh aktivitas ummat dilakukan diluar suasana masjid, sehingga keyakinan lebih condong kepada asbab dan perlahan lahan keyakinan kepada Allah keluar dari dlm dirinya. Usaha dakwah diawali dgn memakmurkan masjid sehingga amal agama tersebar melalui masjid. Sedangkan kebatilan tersebar melalui usaha memakmurkan pasar-pasar,pabrik-pabrik,jalan-jalan, dan berbagai sarana hiburan.

Usaha dakwah ini menghendaki setiap masjid/mahala menjadi percontohan sebagaimana masjid Nabawi,walaupun masjid Nabawi sangat sederhana dibangun dari batang dan pelepah kurma. Namun amal maqomi telah diwujudkan oleh Nabi SAW dan para sahabat ra selama 24 jam.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: