WANITA KUAT DAN HEBAT ITU BERNAMA DEWI RASYID/USTADZAH ROBIATUL ADAWIYAH (ISTRI TGB YANG DICERAIKAN SETELAH TGB DAPAT YANG BARU)

TGB dan istri

COPAS .

AYU

Track record sang ulama yang sekaligus pemimpin NTB.

SEMOGA BISA MENGAMBIL HIKMAH

WANITA KUAT DAN HEBAT ITU BERNAMA DEWI RASYID/USTADZAH ROBIATUL ADAWIYAH .

(ISTRI TGB YANG DICERAIKAN SETELAH TGB DAPAT YANG BARU)

HJ. ROBIATUL ADAWIYAH, SE, begitu penduduk NTB mengenalnya. Tapi ia lebih populer dipanggil ibu Dewi Rasyid. Di mata warga Lombok, wanita ini sangat populer. Tak heran jika ia berhasil terpilih menjadi 1 dari 4 Senator yg mewakili dapil NTB.

Dewi Rasyid bukan kelahiran NTB. Bukan warga asli. Tapi ia dianggap mengetahui persoalan daerah itu. Ia datang ke Nusa Tenggara Barat mengikuti karir suami yang memang putra daerah. Suami Dewi adalah cucu dari seorang ulama besar Lombok pendiri Nahdlatul Wathan. NW adalah NU-nya Lombok. Sebuah Organisasi Keagamaan besar yg banyak pengikutnya disana, sehingga tak heran jika nama suami Dewi sangat dikenal dan berkibar di tempat kelahirannya.

ISTRI PEJABAT. Sebelum berkarir politik, pada tahun 2000-an Dewi adalah seorang ibu rumah tangga biasa.Tapi warga NTB mengenal sosoknya karena ia adalah istri anggota DPR RI yg mewakili suara konstituen Nusa Tenggara Barat. Dan pada 2009 nama Dewipun menjadi kian populer, karena suaminya yg legislator itu berhasil memenangi pilkada. Dewi Rasyidpun menjadi istri Gubernur NTB periode 2009-2014.

NETIZEN AKTIF. Sebagai istri orang nomor satu di daerah, kiprah Dewi cukup besar. Ia membantu masyarakat memerangi gizi buruk dan membiasakan kehidupan sehat. Tak cuma kegiatan lapangan di bidang pendidikan, UKM, pengembangan kerajinan sebagai Ketua Dekranasda, Dewi Rasyid juga dikenal eksis di dunia maya. Tweeternya tergolong akun yg mencuit secara aktif.

Bagi warga NTB yg bermain medsos, Dewi ibarat sosok yg terjangkau. Karena ia hampir selalu menjawab setiap pertanyaan atau keluhan yg disampaikan para followernya. Sedangkan kepada anak2 muda yg terlihat sedikit alaypun, Dewi tidak pernah kesal dan mau senang hati menaggapi permintaan mereka untuk mem-folback.

DEWI YANG ISTIMEWA. Bukan kemampuannya dalam bermasyarakat itu letak spesialnya seorang Dewi Rasyid. Karena hal itu jg bisa dilakukan oleh istri2 pejabat lainnya. Keistimewaan Dewi adalah terletak pada Kekuatan Hatinya. Yaitu pada kemampuannya mengelola perasaan. Bagaimana ketika ia menghadapi hantaman dashyat yg tak pernah terbayangkan sebelumnya, Dewi tidak cengeng dan meraung-raung kencang di media pun dunia maya.

Dewi yg telah 16 tahun menikah dan dikaruniai empat orang anak, bagai mengalami mimpi buruk yg mewujud nyata di hadapannya. Sesuatu nasib buruk yg harus dilakoni dan ia tidak dapat lari menghindari. Suaminya yg selama itu setia, telah mendua tanpa sepengetahuannya. Hati seorang istri yg utuh diberikan hanya untuk lelaki belahan jiwa dan empat buah hati itupun, hancur berkeping2.

Rumor bahwa sang suami berselingkuh mencuat pada tahun 2012. Yaitu ketika sebuah surat kabar setempat Mingguan Realita Rakyat, mengungkap soal pernikahan siri yg dilakukan sang suami. Orang nomor 1 di NTB itu dikabarkan berbagi hati dengan seorang perempuan lebih muda, mantan reporter televisi nasional dan staf Kedutaan Besar AS. Menurut kesaksian seorang jurnalis senior tv yg sy temui, wanita muda itu adalah jg keponakan seorang kuat yg bermarga sama. Bahkan ia sekaligus jg adik dari seorang Politisi penting yg populer di media, yg kini menjadi orang nomor 2 di sebuah partai besar.

Kontan warga NTB terkejut. Keluarga pemimpin mereka yg selama ini terlihat harmonis tiba2 diguncang prahara. Sejak berita itu muncul, sesudah bulan puasa di tahun 2012, mereka jarang tampil bersama lagi. Masyarakat bertanya2. Apa yg akan terjadi dengan mereka? Betulkah Ulama sekaligus Gubernur yg mereka bangga2 kan itu lebih menyukai perempuan non muslim yg menjadi mualaf karena menikahi dirinya, ketimbang memilih wanita cantik putri seorang Kyai Besar di negeri ini? Ada apa di belakang itu semua? Adakah unsur politis dan skenario besar di balik cinta mereka..?

Pertanyaan yg berkecamuk itu membuat media setempat dan beberapa media nasional melakukan investigasi. Tak hanya media online, dunia medsos juga ramai memperbincangkan hal itu.

Maklum Dewi Rasyid yg tinggi dan cantik itu juga sering tampil diwawancarai sebagai tokoh idola di media2 cetak muslim maupun tabloid wanita. Fakta bahwa ia adalah istri Gubernur, peran gandanya sebagai istri seorang politikus sekaligus ulama, ia yang cucu dan anak seorang Ulama Besar yg memiliki universitas serta pondok pesantren ternama di Jakarta dan Jawa Barat, adalah faktor yg membuat orang ingin mengetahui ceritanya. Selain itu, kenyataan bahwa Dewi adalah wanita yg secara fisik sangat menarik meski telah melahirkan 4 orang anak, membuat peristiwa pahit yg menimpanya banyak disorot masyarakat, terutama warga NTB sendiri.

DIKHIANATI. ‘Setiap hati manusia ada dalam genggaman Allah SWT”, tulis Dewi di akunnya. Setelah suaminya ketahuan menikah siri tanpa sepengetahuannya, Dewi menolak tegas dimadu. Sebagai istri yg sah, ia meminta sang suami agar memilih salah satu. Dirinya dan keempat anaknya, ataukah pasangan barunya. Ternyata suami yg menjadi panutan masyarakat dan dikenal dengan julukan Haji Guru Muda atau Tuanku Guru Bajang itu, memilih menceraikan istrinya di akhir Mei 2013.

Gugatan cerai itu dilayangkan oleh sang suami melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan, tertanghal 31 Mei 2013. Pada bulan Juni serta Juli berikutnya, sidang perceraian telah diselenggarakan. Semua bagai mimpi dan berlangsung sangat cepat.

Kepada media Sumbawanews, Dewi yg memilih menenangkan diri di Jakarta kala itu memiliki penjelasan, “Majdi Minta Ijin ke saya agar dia nikah lagi, sementara saya tau dia sudah lama menikah. Akibat ketidak jujurannya saya tidak beri ijin , sehingga dia takut seperti Aceng. Akhirnya saya diceraikan.”

Aceng Fikri yg dimaksud Dewi adalah Bupati Garut yg dipecat pada Februari 2013 karena kasus pernikahan sirinya yg berpolemik. Ia dimakzulkan oleh Dprd dan disetujui oleh Presiden SBY. Lain pula di NTB. Media setempat menulis, sang Gubernur mencantumkan data beristri 1 saat pendaftaran Calon Gubernur periode berikutnya. Sedangkan Dewi memiliki bukti bahwa ia telah menikah siri dan beristri 2 kala itu. Diduga sinyalemen itu yg mendasari keputusan perceraian tsb.

TANGGAPAN AYAHANDA. Ayahanda Dewi, KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i yg ulama besar dari Asyafiyah, menyatakan kecewa atas nasib putrinya. Tapi kepada media ia mengaku pasrah. “Jika anda tau dia nikah sebelum cerai dengan anak saya, ya silahkan anda sebagai media yang nanya kepada merekalah, saya hanya serahkan kepada Allah.
Jika anda nanya saya kecewa atau tidak, ya pasti saya jawab kecewa, karena tidak ada satupun orangtua yang mau anaknya bercerai. Namun saya anggap ini sudah takdir allah.
Dewi mempertahankan hubungan selama Satu tahun terakhir, akan tetapi endingnya adalah keputusan Majdi menceraikan Dewi.”

SIKAP TENANG YANG MENGHARU BIRU. Sikap tawakal dari hari ke hari selanjutnya yg ditunjukkan oleh seorang Dewi Rasyid patut diapresiasi. Ia tidak mengeluarkan kata2 sengit tentang orang yg segera menjadi mantan pasangan hidupnya itu. Ia mengungkap lara di hatinya dengan tamsil2, pepatah2, terkadang ayat dari kitab suci, atau mengicaukan kembali perkataan2 orang lain yg sesuai dengan keadaannya saat itu.

Suasana hatinya yg sendu dan terusik, mengalun dalam kesedihan yg dalam tapi elegan. Tampak sekali wanita itu sangat menjaga perasaan keempat buah hati hasil perkawinannya. Dalam kalimat2 sapaannya kepada anak2 nya, ia menyertakan emoticon cinta dan wajah yg tersenyum. Kesedihan dan pembelaaan yg luar biasa juga tampak dari kicauan sang adik. Dewi meretweet kicauan2 simpati adik perempuannya itu dan kadang menanggapjnya dengan kalimat pendek yg tidak berlebihan.

UCAPAN CINTA DARI MASYARAKAT NTB. Jejak keberhasilan Dewi dalam menaklukkan hati warga NTB tampak jelas di akunnya. Saat ia membutuhkan dukungan moril, masyarakat memberi semangat agar ia tegar, mengatakan bahwa warga membela dirinya, dan mereka terus mendorong Dewi untuk maju mewakili aspirasi penduduk NTB sebagai Senator di Jakarta. Dukungan itu terus menguat meski Dewi bukan warga asli NTB. Warga net misalnya, menyatakan berjanji akan memilih dia meski belum pernah bertemu secara langsung.

WANITA PERKASA. Keperkasaan seorang perempuan itu tak dapat diukur dari tragedi yg menimpa dirinya. Luluh lantaknya kehidupan kadang justru memotivasinya untuk berdiri tegak dan memperlihatkan kemampuan dirinya. Investasi berupa kepedulian kepada masyarakat dan keramahan yg ditebar ketika menjadi istri orang nomor satu di NTB, lalu membuahkan kepercayaan. Di tengah rumah tangganya yg porak poranda, Rakyat NTB memenuhi janji dengan memilih Dewi sebagai Senator mereka.

Dewipun melenggang ke Jakarta dan duduk di Komite I DPD RI. Tugasnya bermitra dengan KPU dan BPM. Namun sebuah kenyataan lainpun harus ia hadapi. Dengan terpilihnya sebagai Senator Perempuan Dapil NTB maka ia harus terus bekerja di wilayah yg dipimpin oleh sang mantan suami yg kini didampingi oleh istri barunya. Tidak hanya rakyat NTB, tapi Dewipun juga memiliki ibu Gubernur baru, sebuah sebutan terhormat yg dulu menjadi miliknya. Ia hanya mendampingi sang suami untuk 1 periode, karena di periode berikutnya ia sudah menyerahkan Rumah Gubernur yg megah itu untuk diisi oleh wanita lain .

MENJADI POLITIKUS. Dewi Rasyid, yg dulu menyerap aspirasi masyarakat sebagai seorang istri politikus, kini menjadi politikus itu sendiri. kini justru mengangkat sumpah sendiri sebagai politikus yg mengemban amanah konstitusi. Ia yg dulu hanya bayang2 suami, kini setiap dua bulan melakukan reses ke pelosok-pelosok desa, mendatangani kantor2 pemda baik Provinsi, Kabupaten ataupun Kota. Ia bekerja di wilayah yg menjadi kekuasaan mantan suaminya. Tapi Dewi tidak lagi menyandang tugas sebagai pelengkap suami. Ia kini berhasil menjadi diri sendiri, seseorang yg mengangkat sumpah sendiri kepada negara sebagai politikus pengemban amanah konstitusi.

Jejak digital DEWI RASYID yg tidak balas menyakiti ketika ia dikhianati, pun tidak mencaci maki perempuan yg merebut bapak dari anak2 nya, bahkan ia membalas dengan cara mengepakkan sayapnya lebar-lebar untuk melindungi keempat anaknya dan meraih posisi tinggi mengabdi kepada negara, patut diacungi jempol. Keikhlasan dan kesabarannya sebagai seorang ibu, sebagai mantan istri yg tidak dipilih oleh lelaki tercintanya, sebagai anak seorang Kyai Haji, dan kini menjelma jadi sosok Senator RI, pantas diteladani perempuan2 Indonesia yg mengalami keterpurukan dan mencoba untuk bangkit kembali.

●JEJAK KICAUAN DEWI RASYID YANG BERUSAHA TABAH DALAM KETERPURUKAN

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
Jun 12, 2013
Allah sebaik2 pemberi pembalasan .. Ikhlaskan dia yg menyakitimu , dan biarkan الله yg berperkara dengannya ..

A I S Y A RASYID
@sya177
Jun 12, 2013
Jk saja semua orang mengetahui, apa yg sbenarnya t’jadi thd kakakku sayang @dewirasyid169, sungguh mrk semua akan memeluknya sambil menangis

@dewirasyid169
Jun 13, 2013
..Cukup bagiku Allah..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 22, 2013
..Allah swt maha mengetahui semua yang tersembunyi..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 16, 2013
..Dan Allah tidak akan mengingkari janji Nya..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 15, 2013
Yang murni yang abadi..tidak murni ta’kan abadi…lihat saja…

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 15, 2013
..Ta’kan tertukar dan meleset…janji Allah

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
Mar 10, 2013
Sampai saat ini,saya belum pernah mendaftar apapun di PA jaksel..tksh…”@arifhidayat: Apa benar info ini? @dewirasyid169

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
Feb 26, 2013
Jgn pikirkan akan halal haram-nya sj, tp halalan tayyiban. Halal yg baik dlm pelaksanaannya. Halal yg membawa kebaikan bg diri & orang lain.

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
Feb 27, 2013
Setujuuuu…”@octeajenderal: Halalan tayyiban dg sbuah ikrar.. “@dewirasyid169: Jangan cuma pikirkan halal haram, tapi halalan tayyiban ({})

●RETWEETED DEWI RASYID YG MEWAKILI JERITAN HATINYA KETIKA TENGAH MENGHADAPI GUGATAN PERCERAIAN DARI SUAMINYA

Dewi Rasyid Retweeted
Lily ihsana
@lilykamalia
Jun 5, 2013
RT @DoaIndah: Tiga doa yg diijabah: Doa orang yg dizhalim, doa orang yg sedang bepergian, dan doa orangtua terhadap anaknya. (HR. Ahmad)

Dewi Rasyid Retweeted
Alvina Magna Anugrah
@allviena
Jun 3, 2013
Hanya gara-gara duit semua sifatnya jadi berubah 😐

Dewi Rasyid Retweeted
A I S Y A RASYID
@sya177
Jun 3, 2013
Replying to @detikhot
@detikhot bukan artis ajaaaa, pejabat juga banyaaaaakk..

Dewi Rasyid Retweeted
Jimly Asshiddiqie
@JimlyAs
Jun 1, 2013
Replying to @UyungPancasila
Merdekalah dari kungkungan jabatan, merdeka dari ktrgntungan pd uang & merdeka pula dari rayuan sex yg tdk halal. @UyungPancasila @MIdotcom

Dewi Rasyid Retweeted
Jimly Asshiddiqie
@JimlyAs
May 23, 2013
3 ancaman thdp cita kemuliaan hidup tiap2 manusia yg sering mbuat kita lupa diri: harta, tahta & sexualita. Maka brhati2lah selalu.

Dewi Rasyid Retweeted
A I S Y A RASYID
@sya177
May 13, 2013
Tidakkah mrk menyadari, bhw roda kehidupan b’putar, waktu berjalan, anak bertumbuh, dewasa menua. Tak ada makhluk, tahta & harta yang abadi.

Dewi Rasyid Retweeted
A I S Y A RASYID
@sya177
May 13, 2013
Orang yg tertutup mata hatinya, tak akan pernah bisa d buka oleh siapapun. Kecuali ALLAH SWT. Otherwise? Just wait & see..

Dewi Rasyid Retweeted
A I S Y A RASYID
@sya177
Feb 26, 2013
Jgn pikirkan akan halal haram-nya sj, tp halalan tayyiban. Halal yg baik dlm pelaksanaannya. Halal yg membawa kebaikan bg diri & orang lain.

Dewi Rasyid Retweeted
A I S Y A RASYID
@sya177
Jan 21, 2013
Mau tau karakter asli seseorang? Berikan padanya kekuasaan, kita lihat, apa yg dia perbuat sesudahnya..

●TWEET YANG MENJAGA HATI DAN MENENANGKAN ANAK2 NYA

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 31, 2013
Hehe,kasihan deh kitaa…semangatt”@Zahwa_Majdi: H-1? Thn kmrn masih ngerayain ber-6 looh . dbngunin mama sblm subuuh buat ngasih kejutan.

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 29, 2013
Hidup ini pilihan..kita yang menentukan…mau pilih bahagia atau tidak bahagia..dan saya memilih mau berbahagia..semangat anak2 ku semua..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 29, 2013
Semangaattt sayang mama..”@Zahwa_Majdi: wishmeluck!

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 24, 2013
Replying to @zahwanadhira
@Zahwa_Majdi morning cinta mama,jumat berkah insyaAllah…semangatt kk..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
May 13, 2013
Replying to @zahwanadhira
@Zahwa_Majdi laa tahzan anakku…Allah bersama kita..

Dewi Rasyid
@dewirasyid169
Feb 25, 2013
Sayang anak2 mama…@rifkyfarabijr @Zahwa_Majdi fatima azaahra dan zayda salima… semangatt..

CATATAN.
Sebagian orang menyarankan agar kita mengkritisi seorang politikus hanya dari kecerdasan dan karir politiknya saja. Dilarang menyinggung wilayah pribadi, jejak permainan cintanya, kejujuran dalam perkawinannya, serta riwayat keluarganya. Berani menyinggung soal itu? Akan dianggap kampanye hitam. Memecah belah.

Lucunya, orang sama yg berpendapat seperti di atas, juga tegas berpendapat bahwa agama tidak bisa dipisahkan dari politik. Tapi ketika sang politikus yg juga pemuka agama bermain cinta terlarang, maka mereka memaksa orang lain agar diam.
Mereka seolah2 buta bahwa orang yg dibela itu lebih berat timbangan tugasnya sebagai Politikus daripada perannya sebagai Ulama.

Bukankah selembar daun yg jatuh saja adalah atas seijin Allah meski belum tentu ada ridho di dalamnya, karena mungkin jatuhnya sang daun adalah karena dipaksa gugur dan dihempas nafsu serakah manusia? Bukankah tugas kita untuk mengambil ibroh atas kejadiannya..? Bukankah kita setuju bahwa kejujuran manusia yg tertinggi itu adalah kepada dirinya sendiri, lalu kepada keluarganya, baru kemudian kepada orang lain dan negaranya?

Tapi begitulaah… Pencitraan massive yg dilakukan oleh Tim Profesional bekas Timses Mukidi di Pilpres 2014 terhadap Sang Guru Muda, sukses mencuci otak orang untuk cinta buta.

Jika dipikir-pikir, mestinya tidak hanya pembenci yg harus tabayyun, para pencintapun kudu tabayyun. Sebelum mengidolakan sang pujaan, bertanyalah kepada orang2 terdekatnya, apakah sang tokoh patut ditiru dan dipanuti.

NAUZUBILLAHIMINZALIK

Thanks to : AGI BETHA

@assyarkhan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: