Berapa Usia Penghuni Surga?

 

Syurga selama nya G

Syurga G

 

Berapa Usia Penghuni Surga?

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar…..

Sahabat  Muslimku , pernah dengar kalau penghuni surga itu adalah para pemuda dan pemudi. Nah berapa ya kira-kira usia para penghuni surga? Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya.

Allah menjanjikan surga kepada para kekasih-Nya yang taat dan bersabar dalam meniti syariat-Nya selama di dunia. Allah memberikan balasan berupa keindahan surga. Saking indahnya, sehingga tidak pernah bisa terbayang oleh manusia. Bayangan mereka, tidak bisa menjangkau keindahannya. Allah menggambarkan keindahannya dalam firman-Nya,”Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang disembunyikan untuk mereka, yang indah dipandang, sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah: 17)

Imam Ahmad dan At-Thabrani meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda, “Penghuni surga masuk (ke sana) dalam keadaan masih muda, berkulit putih, berambut ikal, bercelak mata, sebaya dengan anak seusia tiga puluh tiga tahun, bentuk mereka seperti Adam, yaitu setinggi enam puluh hasta dengan lebar tujuh hasta.”

Dalam hadis qudsi dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda bahwa Allah berfirman,”Aku telah siapkan untuk hamba-hamba-Ku yang sholeh, nikmat surga yang belum pernah dilihat mata, belum pernah dilihat telinga, dan belum pernah terbayang dalam hati manusia.” (HR. Bukhari 3244, Muslim 2824, dan yang lainnya). Ketika menyampaikan hadis ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat di surat as-Sajdah di atas.

Dalam hadis dari Muadz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Penduduk surga akan masuk surga dalam keadaan jurdan (orang yang tidak memiliki bulu rambut di badannya), murdan (orang yang tidak memiliki bulu rambut di dagunya), bercelak, di usia 30 atau 33 tahun.” (HR. Ahmad 7933, Turmudzi 2545, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 34006 dan dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth).

”Penduduk surga jurdun, murdun, bercelak. Usia mudanya tidak pernah sirna, dan pakaiannya tidak pernah lusuh.” (HR. Turmudzi 2539, ad-Darimi 2863 dan dihasankan al-Albani).

Nah Sahabat muslimku , sekarang sudah tau kan usia penghuni surga. Semoga kita memanfaatkan usia muda untuk hal-hal yang bermanfaat dan sesuai syariat tentunya agar bernilai ibadah di hadapan Allah SWT .

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Referensi: dari berbagai sumber

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: