“Kerendahan Hati Adalah Kekuatan Yang Harus Kita Miliki” by @Dedhi_Suharto

Tawadhu'

Padi tawadhu

Sifat-tawadhu

Ikhlas daun

Ikhlas air

 

“Kerendahan Hati Adalah Kekuatan Yang Harus Kita Miliki”

1. Bismillahirrahmanirrahim, salah satu kekuatan yang layak dimiliki oleh kita adalah kerendahan hati.

2. Kerendahan hati akan menjadikan pemiliknya menjadi orang yang memiliki ketinggian derajat dan kemuliaan.

3. Tentu harus kita pahami bahwa #rendahhati berbeda dengan rendah diri. Rendah diri menunjukkan mental pecundang, #rendahhati mental pemenang.

4. #Rendahhati itu seperti padi, semakin bernas berisi semakin merunduk. Semakin berilmu semakin tawadhu’.

5. Tapi penyakit orang berilmu atau orang yang memiliki kelebihan adalah tinggi hati. Karena itu Al Qur’an punya obat mujarrabnya.

6. Al Qur’an mengajarkan konsep generasi Rabbani, yang salah satu cirinya selalu mau mengajar sekaligus tetap belajar. Perhatikan QS 3:79.

7. Dengan jadi murid, selalu belajar, kita diajari untuk berendah hati. Ini akan menjadikan diri kita melejit potensinya.

8. Dengan selalu belajar kita jadi tahu bahwa ilmu itu sedemikian luasnya dan kita senantiasa menyadari betapa sedikitnya ilmu yang kita kuasai.

9. Dulu saya takjub dengan kelompok tarbiyyah, yang haus mendalami ilmu. Mereka selalu mau mendengarkan orang2 yang menyampaikan materi.

10. Kelihatan bagaimana kerendahan hati mereka. Dan itu menunjukkan ketinggian derajat mereka di sisi Allah SWT.

11. Mereka tidak melihat siapa yang menyampaikan, tetapi fokus pada apa yang disampaikan. Mereka benar2 generasi Rabbani.

12. Mereka berhasil memahami mengapa mereka diberi 2 telinga dan hanya 1 mulut. Bahwa mendengarkan itu utama.

13. Kini karakteristik “mau mendengarkan” itu semakin menghilang. Semakin langka, bahkan di kelompok yang mengaku tarbiyyah sekalipun.

14. Orang hanya mau mendengarkan/nyimak kultwit dari para ustadz yang terkenal. Jarang yang mau menyimak dari dai yang hanya punya followers sedikit.

15. Penyakit “tinggi hati” itu mulai merebak. Kemauan untuk belajar dari orang lain semakin padam dan akibatnya menghentikan kemajuan umat.

16. Tidak ada jalan lain, harus ada yang kembali mengajak umat kepada kerendahan hati bila umat ini ingin maju.

17. Dan tidak ada yg bisa mengajak kepada kerendahan hati kecuali orang2 yang ikhlas. Padahal ikhlas itu sangat amat langka sekali.

18. Hanya orang2 yang tidak cinta dunia dan tidak takut mati yang mampu ikhlas kepadaNya.

19. Mereka-lah orang yang tidak tertipu oleh kemewahan dunia, tetapi sangat terobsesi dengan sorgaNya yang penuh kenikmatan.

20. Tapi justru merekalah yang mampu menaklukkan hati orang2 yang rindu kepada hidayah Allah. Dakwah mereka menembus relung hati. Indahnya. END. ( by :dedhi_suharto ) .

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: