*** PERCAYA ATAU TIDAK ***

Cadar rose

Cadar berdoa 2

Cadar putih

Cahaya akhwat

 

*** PERCAYA ATAU TIDAK ***

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar….

Percaya atau tidak?

Pendapat sebagian ulama: Jumlah wanita dunia yang masuk surga dua kali lipat dibandingkan jumlah pria.
Sebagian ulama menyimpulkan dari hadits-hadits bahwa jumlah wanita dunia yang masuk surga jumlahnya minimal 2x lipat dibandingkan jumlah pria dunia yang masuk surga. Hal ini tidak bertentangan dengan hadits yang menyebutkan
bahwa mayoritas penduduk neraka adalah wanita. Ibaratnya begini:

Umpamanya total jumlah lelaki sepanjang masa adalah 100 milyar orang, dan jumlah wanita adalah 120 milyar. (wanita lebih banyak) Lelaki yang masuk surga 10 milyar, yang masuk neraka 90 milyar.

Wanita yang masuk surga 20 milyar (2x lipat dari pria), yang masuk neraka berarti 100 milyar.
Dari perumpamaan diatas terlihat bahwa jumlah wanita yg masuk surga 2x lipat dibanding jumlah pria, namun wanita yang masuk neraka juga lebih banyak daripada pria.

atau

Umpamanya total jumlah lelaki sepanjang masa adalah 400 milyar orang, dan jumlah wanita adalah 500 milyar. (wanita lebih banyak)
Lelaki yang masuk surga 10 milyar, yang masuk neraka 390 milyar
Wanita yang masuk surga 40 milyar (4x lipat dari pria), yang masuk neraka berarti 460 milyar.
Dari perumpamaan diatas terlihat bahwa jumlah wanita dunia yg masuk surga 4x lipat dibanding jumlah pria, namun wanita yang masuk neraka juga lebih banyak daripada pria.

dalil-dalil:
Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun sebabnya, Nabi sallallahu’alaihi wasallam ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, dia berkata, Rasulullahsallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
“Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.

Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah?
Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’
Lalu ada yang berkata, ‘Apakah kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian
dia melihat anda (sedikit ) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Dan boleh jadi sebagian wanita masuk neraka karena dosa-dosa lain seperti: zina, riba, ghibah, syirik, pamer aurat, tabarruj, membunuh, meninggalkan sholat/puasa, kufur, dll
Dalil bahwa wanita penghuni surga lebih banyak dari pria adalah hadits-hadits yang menyebutkan bahwa setiap lelaki yg masuk surga akan mendapat (minimal) 2 istri, dan banyak ulama menafsirkan/menyimpulkan bahwa 2 istri yang dimaksud berasal dari wanita dunia yang masuk surga. Jika di dunia hanya punya 1 istri yang
masuk surga maka ditambah 1 istri lagi dari kalangan wanita yang di dunia tidak punya suami atau suaminya tidak masuk surga. Jika di dunia tidak punya istri maka dinikahkan dengan 2 wanita dunia yang masuk surga. (para wanita dunia yang masuk surga menjadi secantik bidadari)
Selain 2 istri dari wanita dunia, para lelaki yang masuk surga mendapat tambahan istri lain dari kalangan bidadari surga.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda
“Rombongan yang pertama kali masuk surga bentuk mereka seperti bentuk rembulan di malam purnama, mereka tidak berludah, tidak beringus, tidak buang air. Bejana-bejana mereka dari emas, sisir-sisir mereka dari emas dan perak,
pembakar gaharu mereka dari kayu india, keringat mereka beraroma misik, dan bagi setiap mereka dua orang istri, yang Nampak sum-sum betis mereka di balik daging karena kecantikan.
Tidak ada perselisihan di antara mereka, tidak ada permusuhan, hati-hati mereka hati yang satu, mereka bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang” (HR Al-Bukhari).

Ibnu Hajar berkata, “Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
“Masing-masing mereka mendapatkan dua istri”, yaitu istri dari para wanita dunia. Imam Ahmad telah meriwayatkan dari sisi yang lain dari Abu Hurairah secara marfu’ tentang sifat penghuni surga yang paling rendah kedudukannya bahwasanya ia memiliki 72 bidadari selain istri- istrinya yang dari dunia” (Fathul Baari 6/325).

Subhanallah…
Dari hadits di atas dan ungkapan Ibnu Hajar sangatlah jelas, bahwa minimal setiap laki-laki ahli surga akan dijodohkan minimal dengan dua (2) bidadari dari dunia. Maksud bidadari dari dunia yaitu muslimah yang menjadi ahli surga.
Berarti muslimah yang menjadi penghuni surga minimal dua kali lipat dari jumlah laki-laki yang menjadi penghuni surga.
Dari Ibnu Sirrin rahimahullah, bahwa beliau pernah bertanya kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ‘Di surga itu, lelaki ataukah wanita yang lebih banyak?’
Abu Hurairah menjawab: ‘Bukankah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,
“Sesungguhnya gelombang pertama yang masuk surga wajahnya secerah bulan ketika purnama.
Gelombang kedua secerah cahaya bintang yang berkilau di langit. Setiap orang memiliki dua istri.
Sumsum tulang betisnya kelihatan dari balik daging. Di surga tidak ada orang yang
melajang.” (HR. Ahmad 7152 dan Muslim 2834).

Terdapat beberapa riwayat yang diperselisihkan keshahihannya, bahwa penduduk surga yang paling rendah kedudukannya, dinikahkan dengan 72 istri. Dua istri dari penduduk dunia dan 70 istri dari bidadari. Beberapa ulama pensyarah kitab hadis, semacam al-Iraqi, Mula Ali al-Qori, serta al-Mubarokfuri, mereka menguatkan riwayat-riwayat tersebut, dan mereka menetapkan bahwa istri penduduk surga minimal 72 wanita. Dua dari penduduk dunia dan 70 dari
bidadari.

Al-Iraqi mengatakan,
“Telah jelas berdasarkan beberapa riwayat, bahwa ada minimal dua istri untuk penghuni surga dari kalangan penduduk dunia. Dan ada minimal 70 bidadari yang juga menjadi istrinya.” (Tharhu at-Tatsrib)

Al-Mubarokfuri mengatakan,
“Mula Ali Qori mengatakan: Yang benar, masing-masing penghuni surga memiliki dua istri dari wanita dunia. Dan penduduk surga pada tingkatan paling rendah, memiliki 72 istri, dengan rincian: dua istri dari wanita dunia dan 70 istri
dari Bidadari.” (Tuhfatul Ahwadzi)
Allahu a’lam

Sahabat Muslimah…
Semoga kita termasuk muslimah yang menjadi ahli surga. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk mengamalkan seluruh syari’at yang telah dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Ayo… Semangat. Yakinlah,
sesungguhnya hanya dengan mengamalkan syari’at Allah martabat wanita akan menjadi mulia di hadapan manusia dan di sisi Allah.
Sebagaimana mulianya muslimah yang menjadi ahli surga. Wallohua’lam.?

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: