** Predator Online By :Dongeng Keliling Kak Sidik

 

OL

 

Dongeng Keliling Kak Sidik

** Predator Online

Saat kutulis judul tersebut di papan tulis, para siswaku yang duduk di tingkat SMP terdiam sejenak. “Serem amat pak, judulnya. Emangnya beneran ada ?”.

Aku mulai mengisahkan kepada mereka, dengan menyampaikan sejumlah kasus anak dan remaja yang menghilang dari rumah, setelah berkenalan dengan orang yang dikenalnya melalui jaringan sosial media.

“Mereka akhirnya terjebak dan tertipu oleh para pemangsa yang berkeliaran di dunia maya, yang disebut predator online. Bagaimana cara predator itu menipu teman-teman seusia kamu ? Simak baik-baik ya.

Para predator itu tahu betul tentang apa dan siapa kamu. Nama lengkap kamu, dimana rumahmu, dimana sekolahmu, hobi kamu apa saja, penyanyi dan grup musik kesukaanmu, bahkan sampai warna favoritmu. Dari mana mereka tahu ? karena kamu sendiri yang menuliskannya secara lengkap dan rinci, di profil data kamu. Mereka mempelajari semua itu, dari data lengkap yang kamu buat sendiri “.

Para siswaku saling berpandangan satu sama lain, lalu kembali menatapku.

“Setelah sang predator tahu detil kamu, ia akan membuka kontak denganmu. Melalui ruang chatting, pesan di inbox, email, atau sms. Ia akan membuat identitas palsu, dan akun palsu untuk keperluan itu. Ia bisa saja menyamar menjadi sahabat seusiamu, dan memasang foto palsu yang cocok untuk itu, agar kamu mengira ia memang sebaya denganmu. Pada beberapa kasus, karena ia mengetahui kamu senang berkenalan dengan orang yang lebih dewasa, bisa saja ia menyamar menjadi siswa SMA, mahasiswa, atau pekerja kantoran. Ia akan berusaha merebut simpati dan kepercayaanmu sepenuhnya. Ia akan memujimu, mengirimkan kartu ucapan virtual, dan usaha sejenisnya.

Setelah ia yakin kamu sudah betul-betul percaya padanya, tahap selanjutnya adalah bertemu muka secara langsung. Istilahnya, kopdar atau kopi darat. Saat bertemu pertama kali, ia akan berusaha membuat kamu terkesan dan percaya penuh. Memilihkan tempat di sebuah restoran bagus misalnya, sambil memberikan hadiah spesial kesukaanmu. Jika kamu senang makan coklat, ia akan hadiahkan coklat yang dikemas secara spesial dengan kertas kado warna favoritmu. “

Para siswaku sangat serius menyimak uraianku. Saat akhirnya sampai pada klimaks cerita berupa perbuatan tidak senonoh yang direkam dengan kamera tersembunyi, mereka terlihat shock !.

“Sang predator tak akan puas hanya dengan tindakan itu. Ia akan mengulangi perbuatan itu berkali-kali dengan ancaman kepada kamu. Kamu pasti panik dan tak punya pilihan lain saat itu. Bila kamu menolak, gambar kamu akan disebarluaskan. Pada akhirnya kamu akan menjadi korban seksual terus menerus. Pada beberapa kasus, sang predator bahkan akan memperjual-belikan kamu kepada orang lain. Ia berubah menjadi germo, dan kamu menjadi budaknya, selamanya. Dan ingat, predator online juga banyak yang memiliki kelainan seksual yaitu menyukai sesama jenis. Anak laki-laki pun juga menjadi incaran mereka ! “.

Kisah predator online kuakhiri dengan dengan memberikan sejumlah tips bagi para siswa, agar tidak menjadi korban-korban berikutnya. Mereka kini percaya, predator online benar-benar ada, nyata, sekaligus berbahaya !

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: