~~~ Tanda-tanda Kecintaan kepada Allah oleh Al-Ghazali ~~~

Aku hanya seorang hamba kekasihku selamanya

Dzikir hijau

Back to Quran

love muhamad

Tahajud sujud

 

~~~ Tanda-tanda Kecintaan kepada Allah oleh Al-Ghazali ~~~

Dikutip dari buku “Islam Risalah Cinta dan Kebahagiaan” oleh Haidar Bagir

Banyak orang mengaku mencintai Allah, tapi mereka harus memeriksa diri sendiri berkenaan dengan kemurnian cinta yang mereka miliki.

Ujian pertama adalah :

Dia tidak membenci pikiran tentang mati karena tak ada seorang ‘teman’ pun yang ketakutan akan bertemu dengan ‘teman’-nya.

Seorang pencinta Allah yang ikhlas mungkin saja takut akan kematian, tetapi bila ia ikhlas, ia akan rajin membuat persiapan untuk ke akhirat.

Ujian keikhlasan kedua ialah

Seseorang harus rela mengorbankan kehendaknya demi kehendak Allah;

…Mesti berpegang erat kepada apa yang membawanya lebih dekat pada Allah; dan mesti menjauhkan diri dari tempat2 yang menyebabkan ia jauh dari Allah.

Ujian ketiga:

Bahwa zikrullah mesti tetep segar di dalam hati manusia, karena jika memang mencintai-Nya maka ia tak akan pernah melupakan-Nya

Ujian keempat:

Bahwa seseorang akan mencintai Al-Quran&Rasulullah. Jika cintanya kuat ia akan mencintai semua manusia karena mereka adalah hamba2-Nya

Ujian kelima:

Bahwa seseorang akan bersikap tamak terhadap uzlah untuk tujuan ibadah. Ia akan mendambakan malam agar bisa beribadah tanpa halangan.

Jika ia lebih menyukai bercakap-cakap di siang hari dan tidur di malam hari daripada uzlah seperti itu maka cintanya itu tidak sempurna.

Ujian keenam:

Bahwa ibadah akan mudah. Jika kecintaan kepada Allah sempurna, maka tak ada kebahagiaan yang bisa menandingi kebahagiaan beribadah.

Ujian ketujuh adalah:

Bahwa pencinta Allah akan mencintai-Nya, dan membenci orang-orang kafir dan orang-orang yang tidak taat.

Sekian penjelasan tentang’Tanda-tanda Kecintaan kepada Allah’ oleh Al-Ghazali dalam buku ‘Islam Risalah Cinta & Kebahagiaan’. Semoga mencerahkan!

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: