Ada empat kata kunci agar seorang hamba bisa berjalan di atas jalan yang lurus By :Achmad Bayu Sujiwo

 

jalan-ke-syurga500

 

Achmad Bayu Sujiwo
Bismillah……

Ada empat kata kunci agar seorang hamba bisa berjalan di atas jalan yang lurus, yaitu:

1. Ilmu, karena dengan ilmu ini maka dia akan bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana tauhid mana syirik, mana sunnah mana bid’ah, mana taat mana maksiat, dst.

2. Amal, karena dengan mengamalkan ilmunya dia akan terbebas dari kemurkaan Allah, bahkan dia akan mendapatkan tambahan petunjuk karenanya. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Orang-orang yang mengikuti petunjuk itu, maka Allah akan menambahkan kepada mereka petunjuk dan Allah berikan kepada mereka ketakwaan mereka.” (QS. Muhammad: 17). Di dalam ayat yang mulia ini Allah menjanjikan dua balasan bagi orang yang mengikuti petunjuk (baca: mengamalkan ilmunya), yaitu: ilmu yang bermanfaat dan amal yang saleh (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 787)

3. Tauhid, karena dengan memahami dan melaksanakan tauhid maka seorang hamba telah mewujudkan tujuan hidupnya dan berada di atas jalan yang akan mengantarkannyake surga, jika dia istiqomah di atasnya hingga ajal tiba.

4. Taat, karena dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan berarti dia telah menunjukkan penghambaannya kepada Allah dan kepatuhannya kepada Rasulullah, sehingga dia akan mendapatkan keberuntungan -di dunia maupun di akherat- sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nyayang taat kepada-Nya. Allahu a’lam.

Sudahkah anda menerimaNya Sebagai Pembuka/Petunjuk jalan yang lurus kepada Allah?

….wallahu ‘alam bisawab…

Ya Allah, yang membolak-balikkan hati, tetapkan hati kami dengan agama-Mu

Ya Allah, ampunilah segala kehilafan hamba-Mu yang lemah ini

Ya Allah, pimpinlah kami ke jalan yang lurus dan jalan yang Engkau ridhoi

Tiada daya dan upaya melainkan hanya dari Allah…..

Aamiin Allahuma Aamiin…

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: