“Jangan Lupakan Sholat Witir”

witir

solat-sunat-witir

Doa ba`da shalat witir

 

“Jangan Lupakan Sholat Witir”

1. Shalat witir bagi sebagian orang mungkin terlalu diremehkan karena waktunya adalah setelah shalat Isya’ hingga datangnya fajar subuh.

2. Waktu-waktu tersebut adalah waktu tatkala badan terasa lelah setelah seharian beraktifitas yang mungkin bagi sebagian org lebih milih tidur

3. Bagi yang lupa, atau belum tahu akan keutamaan shalat witir, yuk dilihat dulu ya.

4. Shalat witir hukumnya sunnah muakkadah yaitu sunnah yang ditekankan sekali. Meskipun ditekankan sekali namun bukan berarti menjadi wajib.

5. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri tidak pernah meninggalkan shalat witir baik saat bermukim maupun sedang bepergian.

6. Pelaksanaannya adalah di Waktu antara ba’da shalat isya’ sampai dengan menjelang terbit fajar shubuh

7. Hadist Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu ‘anhu dari Abu Bashrah Al-Ghifari dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

8. Beliau bersabda,”Sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala menambah kepada kalian satu shalat yaitu witir

9. maka kerjakanlah ia pada waktu antara shalat Isya’ hingga shalat shubuh.” (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Albani)

10. Begitu pula yang telah dicontohkan melalui perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari hadist ‘Aisyah Radhiyallahu’anha,

11. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dia berkata, “Kadang-kadang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan witir di awal malam,

12. pertengahannya dan akhir malam. Sedangkan kebiasaan akhir beliau adalah beliau mengakhirkan witir hingga tiba waktu sahur.”(HR. Muslim)

13. Nah, untuk yang khawatir tidak bisa bangun di sepertiga malam yang akhir maka dianjurkan mengerjakannya di awal waktu.

14. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia menuturkan,

15. “Kekasihku Rasulullah Shalallahu’alahi wasallam berpesan kepadaku dengan tiga perkara (yang tidak akan aku tinggalkan hingga mati):

16. [1] berpuasa tiga hari pada setiap bulannya, [2] mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, dan [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.”

17. (Muttafaqun’alaihi).

18. Dan kita ketahui bersama bahwa Abu Hurairah di malam hari menggunakan waktunya untuk mengulangi hadits-hadits yang ia hafal,

19. … sehingga sulit bagi beliau bangun di akhir malam. Jadi, beliau dinasehatkan shalat witir sebelum tidur.

20. Untuk Witir pada akhir malam lebih utama bagi orang yang yakin dapat bangun.

21. Dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

22. “Barangsiapa yang yakin dapat bangun malam, maka shalat witirlah pada akhir malam,

23. sebab bacaan pada akhir malam itu dihadiri (oleh para malaikat) dan itu lebih baik.” (HR Muslim no 755)

24. Lalu berapakah Jumlah Rakaat dalam Shalat Witir

25. Ada Satu rakaat kemudian salam. Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Ada seorang laki-laki bertanya

26. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang saat itu beliau berada di atas mimbar, Bagaimana cara mengerjakan shalat malam?”

27. Beliau menjawab, “Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu shubuh,

28. … hendaklah ia shalat satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalat yang telah dilaksanakan sebelumnya. “” (HR. Bukhari dan Muslim)

29. Ada yang Dilakukan secara bersambung tiga rakaat dengan satu salam yaitu setelah rakaat ketiga.

30. Dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha, “Rasulullah pada bulan Ramadhan dan di luar Ramadhan tidak pernah shalat lebih dari sebelas rakaat.

31. Beliau shalat empat rakaat jangan tanya tentang bagus dan panjangnya shalat beliau. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.”

32. (Muttafaqun ‘alaihi)

33. Witir dilakukan cuma sekali sehari. Jadi kalau sudah witir mau Tahajud malamnya. Silahkan saja. Tapi jangan Witir lagi. Karena sudah diawal.

34. . Semoga bermanfaat, bagi yang sudah tahu tentangnya akan lebih bersemangat dalam mengamalkannya

35. Dan bagi yang belum melakukannya semoga bisa membuka pintu hidayah dalam memahami dan mengamalkannya. Wallahu a’lam.

36. Jadi… Yuk, shalat witir dulu sebelum istirahat. Link Lengkap Shalat Witir : http://t.co/oIoNfMd9rn. Assalamu’alaikum

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: