PUASA AYYAMUL BIDH .

 

Puasa sunnah pertengahan bulan ( Ayyamul Bidh )

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillaahirrahmanirrahiim.

Puasa Sunnah Ayyamul Biidh .

Wasiat Rasulullah 1.berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2.mengerjakan shalat Dhuha, 3.mengerjakan shalat witir sebelum tidur. (HR.Bukhari)

“Rasulullah SAW, biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR.An Nasai no.2345. Shahih Hasan).

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13,14,15 (bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan Nasai).

Puasa Ayyamul-Bidh, Tanggal 13,14,15 Rabiul Akhir . Bertepatan tanggal 13,14,15 Februari. (Kamis-Jum’at-sabtu).

Jatuh bulan ini pada hari Kamis , Jumaat , Sabtu , ( 13,14,15 Pebruari 2014.)

Niat Puasa Ayyamul-bidh : “Nawaitu Shauma yaumul-bidh sunatan Lillahi Ta’ala”. (Aku niat puasa sunah ayyamul-bidh bulan ini karena Allah).

Puasa kamis & ayyamul-bidh hari pertama. Baca niatnya masing2 didalam hati untuk kedua puasa tsb.

Salah satu do’a yang pasti terkabul adalah do’a orang yang sedang berpuasa, Alhmdulillah selalu semangat beribadah sunnah puasa .

“Barangsiapa puasa satu hari dijalan Allah, Allah menjauhkan wajahnya dari neraka selama 70 tahun.” (HR. Bukhari, Muslim)

“Di surga terdapat pintu yang bernama Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu pada hari kiamat.” (HR Muslim).

“Semua amal manusia adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.” (HR. Bukhari)

“Berpuasalah niscaya kalian menjadi sehat.” (HR. Ahmad).

Banyak manfaat saya dapat setelah menjalani puasa sunah Insya Allah ,Istiqomah.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: