Perintah dan Hikmah dari Taubat

Taubat vespa

Taubat nasuha 1

Taubat telur

Sujud sang kholik

 

Perintah dan Hikmah dari Taubat

Taubat itu menjadikan kesedihanya kelapangan, kesempitanya jalan keluar, dilimpahkan rizqi, menghapus dosa, keselamatan, kegembiraan, & keberuntungan.

Para ulama berkata: taubat itu wajib, dari setiap dosa

Apabila maksiat itu antara hamba dan Allah Ta’ala, tidak berhubungan dengan hak manusia maka ada 3 syarat

syaratnya: 1. Meninggalkannya, 2. Menyesalinya, 3. Bertekad untuk tidak mengulanginya .

Bila maksiat berhubungan dengan manusia maka syarat jadi 4 ditambah dengan 4. membabaskan diri dari hak manusia itu

maka beruntung “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang2 yang beriman supaya kamu beruntung” (An-Nur:31)

mohon ampunan “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepadanya” (Hud:3)

Hanya kepada Allah kita bertaubat “Hai orang2 yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat semurni-murninya” (At-Tahrim:8)

“Demi Allah, sesungguhnya aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali” (HR. Al-Bukhari)

“Hai manusia taubatlah kepada Allah & mohonlah ampunan-Nya, karena sesungguhnya aku bertaubat dalam 1 hari sebanyak 100 kali” (Muslim)

raih kegembiraan “sungguh Allah itu lebih bergembira dengan taubat seorang hamba-Nya daripada

(kegembiraan) seorang diantara kamu yang menemukan untanya setelah menghilang di hamparan luas tanpa air dan tumbuhan (HR. Bukhari-Muslim)

#maritaubat setiap saat “sesungguhnya Allah ta’ala membuka tangan-Nya di malam hari agar bertaubat pelaku dosa disiang hari,

dan membuka tangan-Nya di siang hari agar bertobat pelaku dosa di malam hari sampai matahari terbit dari tempat terbenamnya (HR. Muslim)

#maritaubat sebelum terlambat “sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama ruhnya belum sampai kerongkongan (HR. At-Tirmidzi)

#maritaubat agar selamat “seandainya anak Adam memiliki emas 1 lembah pasti ia ingin seandainya memiliki 2 lembah,

dan tidak akan bisa memenuhi mulutnya kecuali tanah, dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat” (HR. Bukhari-Muslim)

#maritaubat untuk menghapus maksiat “Allah Yang Maha Suci senang (melihat) kepada 2 orang yang salah 1-nya membunuh yang lain, ke-2 nya masuk surga.

Yang ini berperang dijalan Allah lalu terbunuh, lalu Allah mengampuni orang yang membunuh, dia masuk islam dan mati syahid (Bukhari-Muslim)

#maritaubat memudahkan rizqi “Barangsiapa senantiasa beristighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya kelapangan

dan untuk setiap kesempitannya jalan keluar, dan akan diberi-Nya rizqi dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR. Abu Daud)

Ya Allah, jadikanlah kami bagian dari orang2 yang bertaubat dan jadikanlah kami bagian dari orang2 yang mensucikan diri #maritaubat #aamiin

“…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (Al-baqarah:222)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: