MANFAAT TAUHID

Tauhid dan manfaat

 

MANFAAT TAUHID .

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Saudara dan saudariku yang dikasih Allah
Sebagaimana pembahasan lalu tentang pentingnya TAUHID yaitu meng-Esa-kan Allah maka pada kesempatan kali ini kita akan bahas serba sedikit tentang MANFAAT TAUHID dalam mengharungi kehidupan dunia ini yang dipenuhi berbagai macam cabaran dan godaan-godaannya

Saudaraku yang dikasihi jika tauhid yang murni terealisasikan dalam hidup seseorang, baik secara pribadi maupun jama’ah, niscaya akan menghasilkan buah yang amat manis yakni kemanisan Iman. Di antara buah yang terdapat didalamnya adalah:

1.Memerdekakan manusia dari perbudakan serta tunduk kepada selain Allah,
baik benda-benda atau makhluk lainnya:Semua makhluk adalah ciptaan Allah.
Mereka tidak ada kuasa untuk menciptakan, bahkan keberadaan mereka karena diciptakan oleh Allah.Mereka tidak bisa memberi manfaat atau bahaya kepada dirinya sendiri. Tidak mampu mematikan, menghidupkan atau membangkitkan.

Tauhid memerdekakan manusia dari segala perbudakan dan penghambaan kecuali kepada Tuhan yang menciptakan dan membuat dirinya dalam bentuk yang sempurna. Memerdekakan hati dari tunduk, menyerah dan menghinakan diri. Memerdekakan hidup dari kekuasaan Raja, pendeta dan dukun yang menuhankan diri atas hamba-hamba Allah.

2.Membentuk kepribadian yang kokoh:
Tauhid dapat membantu dalam pembentukan kepribadian yang kokoh. Ia menjadikan hidup dan pengalaman seorang ahli tauhid begitu istimewa. Arah hidupnya jelas, tidak mempercayai Tuhan kecuali hanya kepada Allah. KepadaNya ia menghadap, baik dalam kesendirian atau ditengah keramaian orang(Jemaah). Ia berdo’a kepadaNya dalam keadaan sempit atau lapang susah ataupun senang.

Berbeda dengan seorang musyrik yang hatinya terbagi-bagi untuk tuhan-tuhan dan sesembahan yang banyak. Suatu saat ia menghadap dan menyembah kepada orang hidup, pada saat lain ia menghadap kepada orang yang mati.

Sehubungan dengan ini, Nabi Yusuf Alaihissalam berkata:
“Hai kedua penghuni penjara, manakah yang lebih baik tuhan-tuhan yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa?”(Yusuf: 39)

Orang mukmin menyembah satu Allah. Ia mengetahui apa yang membuatNya ridha dan murka. Ia akan melakukan apa yang membuatNya ridha, sehingga hatinya tenteram. Adapun orang musyrik, ia menyembah tuhan-tuhan yang banyak.
Allah ini menginginkannya ke kanan, sedang tuhan lainnya menginginkannya ke kiri.
Ia terombang-ambing di antara tuhan-tuhan itu, tidak memiliki prinsip dan ketetapan.

3.Tauhid sumber keamanan manusia:
Sebab tauhid memenuhi hati para ahlinya dengan keamanan dan ketenangan. Tidak ada rasa takut kecuali kepada Allah. Tauhid menutup rapat celah-celah kekhawatiran terhadap rizki,jodoh jiwa dan keluarga. Ketakutan terhadap manusia, jin, kematian dan lainnya menjadi sirna.

Saudaraku seorang mukmin yang mengesakan Allah hanya takut kepada satu,yaitu Allah. Karena itu, ia merasa aman ketika manusia ketakutan, serta merasa tenang ketika mereka kalut, bersyukur jika diberi dan bersabar jika diuji.

Perkara ini diisyaratkan oleh Allah dalam firmanNya:
“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik) mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Al-An’am: 82)

Saudara dan saudariku keamaan hakiki bersumber dari dalam jiwa, bukan oleh penjaga-penjaga keamanan yakni keamanan yang dimaksud adalah keamanan dunia. Adapun keamanan akhirat maka lebih besar dan lebih abadi mereka rasakan.Yang demikian itu mereka peroleh, sebab mereka mengesakan Allah, mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah dan tidak mencampuradukkan tauhid mereka dengan syirik, karena mereka mengetahui, syirik adalah kazhaliman yang besar.

4.Tauhid sumber kekuatan jiwa:
Tauhid memberikan kekuatan jiwa kepada pemiliknya, karena jiwanya penuh takut dan harap kepada Allah semata,percaya dan tawakkal kepadaNya,ridha atas ketentuanNya sabar atas musibahNya, serta sama sekali tak mengharap sesuatu kepada makhluk.
Ia hanya menghadap dan meminta kepadaNya. Jiwanya kokoh seperti gunung. Bila datang musibah ia segera mengharapkan kepada Allah agar dibebaskan darinya. Ia tidak meminta kepada orang-orang mati.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda maksudnya:
“Bila kamu meminta maka mintalah kepada Allah.Dan bila kamu memohon pertolongan maka mohonlah pertolongan kepada Allah.”(HR. At-Tirmidzi, hadits hasan shahih)

Dan firman Allah Subhanahu wata’ala yang bermaksud :
“Jika Allah menimpakan kemudharatan kepadamu maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri.” (Al-An’am: 17)

5.Tauhid dasar persaudaraan dan persamaan:
Tauhid tidak membolehkan pengikutnya mengambil tuhan-tuhan selain Allah di antara sesama mereka. Sifat ketuhanan hanya milik Allah satu-satunya dan semua manusia wajib beribadah kepadaNya. Segenap manusia adalah hamba Allah, dan yang paling mulia di antara hambanya ialah yang paling tinggi ketaqwaannya kepada Allah.

Sebagaimana Firman Allah yang bermaksud:
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku2-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kam (QS. al- hujurot 13)

Semoga dengan sedikit warkah ini ada manfaatnya dan insyaAllah jika diizinkan kita akan bahas lagi tentang jenis-jenis Tauhid dan musuh-musuhnya Tauhid wassalam

SELAMAT BERAMAL TIADA TUHAN YANG BERHAK DISEMBAH SELAIN ALLAH.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: