Jangan Bakhil kepada Orang Tua Oleh : Ustadz Ferry Nasution

Ortu belahan jiwa

Ortu penyanbung dng allah

 

Jangan Bakhil kepada Orang Tua
Oleh : Ustadz Ferry Nasution

Saudara-saudariku yang berbahagia diatas hidayah dan sunnah

Kita angkat tema di atas, karena sering kali kita dapatkan sebagian saudara-saudari kita sangat perhitungannya kepada kedua orang tua tentang masalah harta! Dan kita mengetahui dan memahami orang tua kita saat masa tua, masa lemah atau tidak keperdayaannya sangat membutuhkan harta tersebut!

Terkadang sebagian mereka membiarkan orang tuanya meminta-minta kepada orang lain atau menjadi salah satu yang berhak menerima zakat dari kaum muslimin, padahal kita saksikan anak-anak mereka adalah anak-anak yang hidup dengan kemewahan dunia!

Wahai saudaraku

Harta yang engkau miliki pada hakekatnya adalah milik orang tuamu.

Perhatikan hadits berikut;

Telah datang seorang sahabat kepada Nabi, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, orang tuaku telah mengambil hartaku, kemudian Nabi memarahi orang tersebut dan berkata: “KAMU dan HARTAMU milik bapakmu!

(Riwayat ibnu majah: 2291)

Untuk itu wahai saudaraku berikan kepada kedua orang tua apa yang ada pada harta kita semampu kita, meskipun di sisi lain kita tidak boleh juga menyia-nyiakan istri dan anak-anak kita. Karena antum bisa berusaha, bekerja, berdagang mendapat gaji yang besar, dengan sebab kedua orang tua yang melahirkan dan mendidikmu.

Berikanlah apa yang ia minta dari hartamu, selama berada dijalan ketaatan,tetaplah tersenyum dalam memberi kepadanya.

Dan untukmu para suami, janganlah engkau takut kepada istrimu apabila dirimu memberikan harta kepada kedua orang tuamu, istri yang shalehah harus mendukung seorang suami berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

Begitu juga para suami bantu istrimu untuk dapat berbuat baik kepada orang tuanya.

Semoga memberikan manfaat untuk kita.

Akhukum Ahmad Ferry Nasution

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: