Berusahalah Untuk Qona’ah By :Abu Nawwaf Akhyar Rasyidi

 

Dunia digunakan untuk akhirat

 

Berusahalah Untuk Qona’ah

Aku melihat nafsu selalu saja mengutamakan kelezatan dunia yang sementara , sampai terkadang lupa cara mendapatkannya dan kerusakan yang ditimbulkannya.

– Lihatlah orang yang menjadi penguasa atau pemimpin , perhatikan kenikmatan yang dia teguk , engkau dapatkan semua tercampur dengan kedzaliman , bila ia tidak melakukannya , maka yang melakukannya adalah bawahannya , kesehariannya tidak pernah tenang , terus diselimuti oleh rasa takut , takut diracun oleh musuhnya (dibunuh) takut dipecat oleh atasannya , atau ia takut ditipu oleh rekan sebaya dalam kerjanya.

– Coba lihat juga seorang pembisnis , terkadang dia telah banyak keliling dunia dan ia tidak dapat menikmati hasil jerih payahnya kecuali dipenghujung ahir hayatnya diwaktu kelezatan sudah pergi.

Keadaan inilah yg sering terjadi , jarang sekali manusia bisa mengumpulkan semua yang ia cintai kecuali setelah dekat ajalnya , bila ia mendapatkan setumpuk harta yang ia senangi di awal pertumbuhannya (masih kecil), justru umurnya belum bisa memahami cara mengatur , atau cara baik untuk menikmatinya , manusia dimasa kecil ia tidak tau dimana dirinya , sampai ia baligh , bila sudah baligh ia berkeinginan menikah , bila menikah lalu punya anak , maka jiwanya terpecah-pecah bekerja keras mencari makan untuk anak-anaknya , hilang sudah kelezatan , dalam keadaan seperti ini waktu sangat cepat menghampiri sampai ketika umur mendekati 30 thn masa tua akan segera datang , terkagetlah dirinya bahwa wanita-wanita sudah tidak berselera kepadanya .
Sebagaimana penyair mengatakan :

Jiwaku telah loyo diwaktu tuaku …….bagaimanakah wanita cantik nan belia akan menyukaiku.

– Lihat pula orang yang banyak harta , selalu hawatir dan takut dengan hartanya , selalu perhitungan bila belanja banyak atau sedikit , anaknya kadang mengharap kematiannya , pembantu tidak suka dengan caranya , dia sibuk mengurus sekitar dirinya , sampai hilang dan itu semua ujian , kelezatan cepat pergi , tidak akan pernah lama .

Kemudian hari kiamat penguasa , tajir , sikaya , bangkit dalam keadaan merugi kecuali orang-orang yang dilindungi Allah .
JANGAN SEKALI KALI melihat pada kenikmatan mereka , bila engkau menyukainya , padahal itu jauh darimu , walapun engkau mendapatkannya hendaklah engkau benci , didalamnya penuh ujian dunia dan akherat yang tak bisa disipati .
Hendaklah engkau Qona’ah sekuat mungkin , dalam Qona’ah adalah keselamatan bagi duniamu dan agamamu.

Disarikan dari nasehat Imam Ibnu Al jauzi , rikasan kitab shaidul khathir hal : 61-62.

Abu Nawwaf Akhyar Rasyidi
Thaif 26 /4/1435 H

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: