Puasa Tapi Gak Sholat By :IslamDiaries

 

sholat itu kewajiban

Syarat dholat

sudahkah anda shalat

Sholat itu tiang agama

Sholat itu penting

# Puasa Tapi Gak Sholat #

Bismillah. Assalamu’alaikum.

1. Tidak sedikit kita liat di tengah kaum muslimin, ketika menjalani puasa, masih ada saja yang gak shalat.

2. Puasa sih… tapi gak sholat 5 waktu… Ini adalah ‘KEBLINGER yang NYATA !

3. Mereka sangka bahwa shalat dan puasa adalah ibadah tersendiri. Jika salah satu ditinggalkan, maka dikira tidak berpengaruh pada yang lain.

4. Banyak yang meremehkan perkara shalat. Apa belum ngerti ya?

5. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

6. “Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 82)

7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

8. “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.”

9. (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

10. ‘Abdullah bin Syaqiq –rahimahullah- (seorang tabi’in yang sudah masyhur) mengatakan,

11. “Para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah menganggap suatu amalan yang apabila seseorang meninggalkannya…

12. akan menyebabkan dia kafir selain perkara shalat” [Perkataan diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari ‘Abdullah bin Syaqiq Al ‘Aqliy [tabi’in]

13. Hakim mengatakan bahwa hadits ini bersambung dengan menyebut Abu Hurairah di dalamnya. Dan sanad (periwayat) hadits ini adalah shohih.

14. Lihat Ats Tsamar Al Mustathob fi Fiqhis Sunnah wal Kitab, hal. 52, -pen]

15. Dalil bahwa meninggalkan shalat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala,

16. ”Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama.

17. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (QS. At Taubah [9] : 11)

18. Terus ada lagi yang hanya Shalat di bulan Ramadhan. Itu gimana ya?

19. Al Lajnah Ad Da’imah lil Buhuts Ilmiyyah wal Ifta’ (Komisi Fatwa di Saudi Arabia) pernah ditanya:

20. “Apabila seseorang hanya di bulan Ramadhan semangat melakukan puasa dan shalat, …

21. … namun setelah Ramadhan berakhir dia meninggalkan shalat, apakah puasanya di bulan Ramadhan diterima? ”

22. Jawab: “Shalat merupakan salah satu rukun Islam. Shalat merupakan rukun Islam terpenting setelah dua kalimat syahadat. …

23. Dan hukum shalat adalah wajib bagi setiap individu.

24. Barangsiapa meninggalkan shalat karena menentang kewajibannya atau meninggalkannya karena menganggap remeh & malas-malasan, maka dia telah kafir.

25. Adapun orang yang melakukan puasa Ramadhan dan mengerjakan shalat hanya di bulan Ramadhan saja,

26. … maka orang seperti ini berarti telah melecehkan agama Allah. (Sebagian salaf mengatakan), “

27. Sejelek-jelek kaum adalah yang mengenal Allah (rajin ibadah, pen) hanya pada bulan Ramadhan saja.”

28. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah bersabda,

29. “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat, barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.”

30. (HR. Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah dengan sanad yang shahih dari Buraidah Al Aslamiy)

31. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

32. “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam, tiangnya (penopangnya) adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah.”

33. (HR. Tirmidzi dengan sanad shahih dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu)

34. Setelah kita pahami, sudah selayaknya seorang muslim menjaga amalan shalat agar amalan lainnnya menjadi bernilai di sisi Allah Ta’ala.

35. Kadar Islam seseorang akan dinilai dari penjagaan dirinya terhadap shalat. Imam Ahmad –rahimahullah- mengatakan,

36. “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agama.

37. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu.

38. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktu.

39. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam.

40. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.“ (Lihat Ash Sholah, hal. 12)

41. Oleh karena itu, sudah saatnya seorang hamba yang sering melalaikan shalat untuk bertaubat sebenar-benarnya dengan ikhlas karen Allah,

42. menyesali dosa yang telah dia lakukan, kembali rutin mengerjakan shalat dan bertekad untuk tidak meninggalkannya lagi.

43. Kalau kita menemukan saudara atau teman yg masih gak sholat.. Ajak baik baik.. tetap santun.

44. Kasih tau kepada saudara atau teman kita bahayanya meninggalkan sholat dengan hadits tadi.

45. Katakan kepada mereka “Shalatlah kemudian tunaikanlah puasa”…

46. Semoga Allah memudahkan kita dalam melakukan ketaatan kepada-Nya dan menerima setiap taubat kita. Amin Yaa Mujibas Sa’ilin.

47. Semoga manfa’at. Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal. Artikel @RumayshoCom. Link “Puasa Tapi Tidak Sholat” –

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: