Keutamaan Tempat Shalat Wanita by:Felix Siauw @felixsiauw

 

Cadar sholat 3

Cadar sholat 4

Cadar sholat

 

Keutamaan Tempat Shalat Wanita

1. Nabi SAW bersabda, “jangan kamu melarang istri-istrimu (shalat) di masjid, namun rumah sebenarnya lebih baik untuk mereka” (HR Ahmad)

2. Nabi juga bersabda, “sebaik-baik tempat shalat bagi kaum wanita adalah bagian paling dalam (tersembunyi) di rumahnya” (HR Ahmad)

3. jadi jelas, keutamaan shalat Muslimah adalah dirumah, walau boleh saja berjamaah di masjid karena shahabiyah juga lakukan itu .

4. bagaimana dengan pahala jamaahnya Muslimah bila shalat sendiri? insyaAllah shalat dirumah pahalanya lebih utama daripada di masjid .

5. seringkali shalat berjama’ah memberikan semangat lebih, lebih2 bila ada kajian ilmu di masjid maka bagus pula bagi Muslimah hadirinya

6. adab wanita shalat berjamaah di masjid yaitu, tak memakai wewangian (wanita tak dibolehkan pakai wewangian kecuali hanya didepan muhrim)

7. “perempuan mana saja yang pergi ke masjid maka jangan sekali-kali dia mendekati (memakai) minyak wangi” (HR Nasa’i)

8. “Tidaklah wanita pergi ke masjid menyebar bau wanginya diterima Allah shalatnya sampai dia kembali ke rumah dan mandi” (HR Baihaqi)

9. adab lainnya, bahwa sebaik-baik shaf bagi perempuan adalah yang paling belakang, jadi penuhi bagian belakang lebih dahulu

10. …sebaik-baik shaf bagi perempuan adalah yang paling terakhir dan seburuk-buruknya adalah yang paling pertama” (HR Muslim)

11. juga termasuk adab, apabila Muslimah selesai berjamaah, segera pulang ke rumah mereka, kecuali ada taushiyah ilmu yang disimak

12. “wanita yang ikut hadir shalat berjamaah, selesai salam segera bangkit ke rumah . Rasul SAW dan lelaki tetap di tempat” (HR Bukhari)

13. singkat cerita, nanti pas ramadhan, boleh saja wanita tarawih jama’ah malah bagus karena bisa dengarkan kajian disitu

14. dan tak perlu bersolek berlebih, tak perlu wewangian, karena Rasul melarangnya Muslimah itu cantik sejak syahadatnya

by:Felix Siauw @felixsiauw

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: