Peristiwa di Bulan Syawal dalam Islam oleh Habib bin Hilal

 

bulan-syawal

Perang uhud

Perang muslim

 

Syawal adalah bulan ke sepuluh di dalam kalender islam. Syawwal menurut akar katanya berarti naik, ringan, atau membawa (mengandung). Disebut demikian karena dahulu, ketika bulan-bulan hijriyah masih ‘disesuaikan’ dengan musim (praktek interkalasi), suhu meningkat karena berada pada musim panas seperti halnya Ramadhan. Selain itu, biasanya orang Arab mengamati bahwa pada bulan inilah unta-unta mengandung atau menaikkan ekornya sebagai tanda tidak mau dikawini. Karenanya, orang Arab juga memiliki kepercayaan bahwa bulan ini ‘tidak baik’ dan melihat pernikahan di bulan Syawal akan berakhir sial. Kepercayaan ini dihapus oleh islam dengan peristiwa pernikahan Nabi Muhammad saw. di bulan tersebut (lihat di bawah).

Peristiwa Ibadah

Hari pertama di bulan Syawal, tentu saja merupakan Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam setelah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Pada 1 Syawal, kaum muslimin keluar rumah untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. (Lihat juga Kumpulan ucapan selamat idul fitri)

Hari-hari berikutnya di bulan Syawal merupakan kesempatan untuk ‘menyempurnakan’ puasa ramadhan dengan Puasa Enam Hari di bulan Syawal. Dengan tambahan puasa enam hari ini, kaum muslimin bisa memperoleh pahala setara dengan puasa satu tahun.

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rosululloh bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Romadhon kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Bulan Syawal juga merupakan awal dimulainya bulan-bulan ibadah haji, karena sejak bulan inilah diperbolehkan berniat ihram untuk melakukan ibadah haji. Umrah yang dilakukan pada bulan ini juga bisa digabung dengan ibadah haji di bulan Dzulhijjah sehingga menjadi Haji Tammatu.

Peristiwa Sejarah.

Syawal & peristiwa islam
Peristiwa Penting di Bulan Syawal

1. Imam Bukhari meninggal dunia pada 1 Syawal 253H.

2. Perang Hunain dimulai 3 Syawal 8 Hijriah,
Perang ini terjadi lima belas hari setelah penaklukan Mekah, dan berlangsung dikawasan antara Mekah dan Thaib.

3. Perang Uhud Tanggal 7 Syawal tahun 3 Hijriah di gunung Uhud di utara kota Madinah.

4. Perang Khandaq meletus Tanggal 17 Syawal tahun ke 5 Hijriah, perang Khandaq juga di kenal dengan perang Ahzab, meletus di seputar kota Madinah.

5. 21 Syawal tahun 92 Hijriah Andulusia yg terletak di Spanyol di taklukan oleh 12 ribu pasukan Muslim.

6. Rosulullah pergi ke Thaif Tanggal 11 Syawal 3 tahun sebelum Hijriah,
Tujuannya mengajak kabilah Tsaqif masuk Islam.

7. 27 Syawal, Perjalanan Nabi SAW . ke Thaif, tahun ke-10 kenabian.

8. 13 Syawal, kelahiran ahli hadits Imam Bukhari

9. Syawal 1 H, Perang Bani Qainuqa

10. 17 Syawal 3 H, Perang Uhud

11. Kelahiran Siti Aisyah dan pernikahannya dengan Nabi Muhammad SAW. terjadi di bulan Syawal.

12. 29 Syawal, pernikahan Fatimah dengan Ali ra.

14. Syawal 4 H, Pernikahan Nabi saw. dengan Ummu Salamah

15. Syawal 4 H, Kelahiran cucu Nabi saw., Hussain.

16. 18 Syawal 5 H, Perang Khandaq (Ahzab, Parit)

17. 6 Syawal 8 H, Perang Hunain

Demikianlah, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa ibadah dan sejarah di dalam islam yang terjadi di bulan Syawal ini.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: