# PESAN ITU DARI LANGIT, # [ HASAN AL BASHRI ]

Umur 40 th

Umur yg makin berkurang

Usia 4o th keatas

 

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akhbar

# PESAN ITU DARI LANGIT, # [ HASAN AL BASHRI ]

Suatu hari, Hasan al-Bashri memberikan nasihat kepada para orang tua, “Wahai orang yang sudah lanjut usia. Apa yang ditunggu dari tanaman yang sudah tua?” Mereka pun serentak menjawab, “Panen (hasil tanaman) raya!”

Beliau pun lalu mengingatkan para pemuda yang ada di sekitarnya dengan nasihat, “Wahai para pemuda. Ketahuilah bahwa terkadang tanaman yang masih muda pun bisa rusak dan mati karena terkena hama sehingga ia tidak bisa sampai ke masa panen raya.”

Pesan dari Hasan al-Bashri sangat jelas, malaikat maut dapat muncul tiba-tiba ke hadapan anda, tak ada jaminan menunggu usia di atas enam atau tujuh puluh.

Perjalanan hidup kita sesungguhnya penuh dengan pesan-pesan dari langit. Tengoklah perjalanan hidup kita. Bukankah lima belas tahun di antaranya adalah masa kanak-kanak dan remaja dan masa kebodohan?

Lalu masa tiga puluh sampai tujuh puluh jika kamu mencapai usia itu, adalah masa kelemahan fisik. Bukankah sebagian besar umur itu dihabiskan untuk tidur, sebagian lagi untuk makan, minum, dan mencari nafkah? Dan bukankah hanya sisanya dan hanya sebagian kecil waktu yang tersisa kita gunakan untuk beribadah?

Tahukah kamu bahwa setiap satu rambut yang sudah berubah putih akan berkata kepada rambut yang berada di sampingnya, “Saudaraku, sesungguhnya kematian telah dekat, bersiap-siaplah kamu untuk menghadapinya?”

Tahukah kamu bahwa setiap salah satu organ tubuh kamu sakit, maka ia menasihati organ tubuh yang lainnya, “Wahai saudaraku, inilah tanda-tanda yang pasti bahwa pesan dari langit telah disampaikan kepada sang pemilik organ tubuh?”

Sadarkah kamu bahwa uban dan penyakit adalah utusan Allah kepada kita, yang bertugas memberitahukan bahwa ajal telah dekat? Karena itu Imam Ibnu al-Jauzi berkata,

“Wajib bagi setiap orang, tatkala usianya mencapai empat puluh tahun, untuk memusatkan perhatiannya pada persiapan bekal menuju akhirat dan menyadari sepenuhnya apa yang akan dihadapinya di hari akhirat. Setiap hari, hendaknya ia selalu (siap) siaga untuk melakukan perjalanan panjang.”

“Hai orang orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat).” (Al hasyr, 59:18)
____
Shared By Bicara Hdiayah
Kredit: eramuslim.com

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: