Tahun Baru 2014 Bukan Tahun Baru Umat Islam by: @CelotehMuslim

 

Tahun baru

 

Tahun Baru 2014 Bukan Tahun Baru Umat Islam by: @CelotehMuslim

Umat Islam punya 2 hari raya yang lebih baik yaitu: Idul fitri & Idul Adha. Lagipun, punya tahun baru hijriyah untuk pergantian tahun qamariyah.
1. Dalam beberapa hari lagi, tahun masehi 2013 akan segera berganti tahun 2014. | Bagi kita, harus apa dengan tahun baru Masehi ini ? #2014M
2. Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma. .
3. Dan perayaan tahun baru dari sejak dulu sudah di isi dengan kegiatan menyanjung para dewa dewa kuno dengan puja dan hura.
4. Dalam sejarah, perayaan tahun baru ternyata bukan persoalan yang baru, bahkan ternyata ini adalah budaya sekuler yang sangat kuno.
5. Termasuk didalamnya adalah hari raya Nairuz, Nairuz adlh hari pertama dalam setahun, dan itu adalah awal tahun matahari.(Sekarang Masehi)
6. Orang-orang Madinah dahulu pernah merayakannya(Nairuz) sebelum kedatangan Rasulullah SAW. Saat keadaan masih amat Jahiliyah.
7. Bila diteliti ternyata ini adalah hari raya terbesarnya orang Persia, atau bangsa Majusi para penyembah api.
8. dikatakan dalam sebagian referensi bahwa pencetus pertamanya adalah salah satu raja-raja mereka yaitu yang bernama Jamsyad.
9. Ketika Nabi datang ke Madinah beliau mendapati mereka bersenang–senang merayakannya dengan berbagai permainan, ..
.. Nabi berkata: ‘Apa dua hari ini’, mereka menjawab, ‘Kami biasa bermain-main padanya di masa jahiliyah’, maka Rasulullah bersabda: ..
“Sesungguhnya Allah telah mgganti untuk kalian dua hari itu dengan yg lebih baik, yaitu hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.” [HR Abu Dawud]
10. Di samping majusi, ternyata orang Yahudi juga punya kebiasaan merayakan awal tahun. Artinya perayaan ini termasuk hari besar Yahudi ..
.. Lalu Nashrani ikuti jejak Yahudi, merayakan tahun baru. Dan mereka memiliki kayakinan-keyakinan tertentu terkait awal tahun ini. #2014M
“Benar-benar kalian akan mengikuti jalan-jalan orang yang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta,..
Para ahli hadits mengatakan, yang dimaksud dengan dua hari yang mereka rayakan adalah hari Nairuz dan hari Muhrojan [Mir’atul mafatih]
.. sehingga bila mereka masuk ke lubang binatang dhob (semacam biawak), maka kalian juga akan memasukinya. ..
Kami berkata: Wahai Rasulullah Yahudi dan nashrani? Beliau berkata: Siapa lagi?.” [shahih, HR al Bukhori Muslim dan yang lain]
Setelah sedikit ulasan tadi, jelaslah bahwa perayaan Tahun baru masehi bukan merupakan bagian dari kebiasaan umat Islam.
Lalu, kenapa muslimin kini menghidup-hidupkan sesuatu yang telah dimatikan Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dahulu ??
11. Baiknya kita tidak perlu ikut merayakan pergantian tahun baru Masehi ini, karena bertentangan dengan keyakinan kita.
12. Lantas apa yang bisa dilakukan kita sebagai umat muslim ? | Hidupkan lagi semangat menjauhi maksiat.
13. Bangun malam untuk tilawah dan sholat sunnah ketika yang lain riuh lenguh dengan pesta dan acara yang megah.
14. Panjatkan doa dan muhasabah, semoga kita senantiasa terhindar dari segala musibah. Inilah senjata kita, berdoa kepada Allah.
“Tahun baru 2014 bukan Tahun baru umat Islam” jazakillahu

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: