MERINDUKAN PEMIMPIN YANG ADIL DAN AMANAH BAGAI MEMIMPIKAN KEAJAIBAN YANG LANGKA, BILA….??

 

Jujur dan benar G+

 

MERINDUKAN PEMIMPIN YANG ADIL DAN AMANAH BAGAI MEMIMPIKAN KEAJAIBAN YANG LANGKA, BILA….??

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar…..

Dimasa ini merindukan pemimpin yang adil dan amanah tak ubahnya seperti memimpikan keajaiban yang amat langka.
Ini bukan pesimisme atau apatisme.
Tetapi kian hari kian rumit bila kerinduan ini harus kita eja dengan argumen-argumen yang rasional. .
Kekuasaan hari ini telah berubah menjadi mata rantai yang sangat panjang bagi siklus manipulasi dan perselingkuhan politik yang kotor.
Entah kepada siapa kerinduan ini kita titipkan .
Padahal di lorong-lorong kehidupan banyak berserakan tanggung jawab yang menantikan hadirnya pemimpin yang adil.

Tiba-tiba aku tersadar…
Hatiku seolah berbisik, ”di puncak kerinduan itu, kita tidak boleh lupa bahwa perilaku seorang penguasa adalah terjemahan dari perilaku rakyat suatu bangsa. Sebagaimana kamu, begitulah pemimpinmu”

Mansur Ibnu Abil Aswad -rahimahullah- pernah berkata: Aku pernah bertanya kepada Al A’Masy -rahimahullah- tentang makna firman Allah, ” Dan demikianlah kami jadikan sebagian orang-orang dzalim itu menjadi pemimpin bagi sebagian yang lain ” (QS : Al-An Aam : 129)” Apa yang engkau dengar dari mereka (para ulama) tentang tafsiran ayat ini..?
Al A’Masy -rahimahullah- menjawab: Aku dengar mereka berkata: Jika manusia telah telah rusak, maka akan diutus pada mereka seorang pemimpin dari orang yang paling buruk diantara mereka. (Durr Al Manshur jilid 3 hal: 358)

Bila memang demikian, itu berarti kepemimpinan yang adil hanya akan terus menjadi sesuatu yang dirindukan, atau bahkan menjadi mimpi indah dalam tidur, atau khayal dalam jaga, selama rakyat suatu bangsa tenggelam dalam kedzaliman terhadap diri mereka sendiri.

Dan bila kerinduan ini tak kunjung terjawab, biarlah ia menjadi untaian pengaduan kita kepada Allah yang Maha Adil dalam do’a dan munajat.

Ya Allah.. Anugerahkan pemimpin terbaik untuk Indonesiaku.

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

{ ACT El-Gharantaly }

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: