TAKBIR , TAHMID .

Takbir keep-calm-takbir-and-enjoy-eid

Takbir- arab

Takbir kabbah

Takbir

 

TAKBIR , TAHMID .

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akhbar.

Umat Islam digalakkan menyambut hari raya dengan Takbir dan Tahmid sebagai menandakan kesyukuran kepada Allah. Malah orang-orang yang beriman yang menghidupkan malam hari raya dengan beramal dan beribadat karena Allah, hatinya akan hidup (bahagia dan gembira). Mereka akan mendapat balasan yang baik di sisi Allah S.W.T.
Sebaliknya orang-orang yang kufur engkar, hatinya mati (hampa dan kecewa) pada hari itu, karena dimurkai Allah dan ditimpa dengan sebuiruk-buruk balasan.

Allahu Akbar; betapa Maha Pemurah Dzat nan menghapus dosa 2 tahun dengan menikmatkan lapar sehari; La ilaha illaLlah wahdaHu la syarika laH.

Tiada hari lebih agung & dicinta Allah tuk berkebajikan daripada 10 awal Dzulhijjah. Maka perbanyaklah tahlil, takbir, & tahmid.

(HR Ahmad)

“Nabi tidak makan pada Idul Adha sampai selesai shalat Id.” Dalam riwayat Al-Atsram, “Sampai beliau menyembelih qurbannya.”
-HR At Tirmidzi-

Kata ahli hikmah: Segala sesuatu bila ditinggalkan akan menjadi sampah, kecuali al Qur’an. Bila anda tinggalkan anda yang akan jadi sampah.

Daging-daging & darah Qurban itu sekali-kali bukanlah yang sampai pada Allah; tapi ketaqwaan dari kalianlah yang kan mencapaiNya.. (QS22:37)

Qurban menjadi pengingat penting bagi kita, bahwa ikhlas tak selalu harus berrasa ringan. Ibrahim nan murni ikhlasnya, merasakan berat itu.

Semua dipercobai dalam apa yang dijunjung tinggi oleh hatinya; Ibrahim cintanya, Maryam sucinya, Muhammad jujurnya..

“Hari yang dijanjikan yaitu hari Qiyamat, hari yang disaksikan yakni hari Arafah, & hari yang bersaksi adalah hari Jumat.” (HR At Tirmidzi)

Siapa keadaannya seperti apa yang Allah inginkan; Allah ada baginya melampaui segala harapan.

Larilah dari keluhuran; justru kau dikaruniai. Burulah kematian; dapati hidup sejati.

Detak kebaikan & debur keburukan terus berlomba di hati kita. Mari tak henti memohon pertolongan Allah untuk berdaya taat & elakkan maksiat.

Semoga di tiap kefardhuan tertunai; Allah membasuh hati & mengilaukan iman kita; dengan air kesegaran, salju kesejukan, & embun kemurnian.

Selamat “Berkurban”
Semoga kegiatan Kurban tahun ini berjalan Aman, Selamat, Lancar dan Barokah.

Aamiin ……..

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Comments are closed.