*** HIDUP ADALAH PERLOMBAAN ***

Berlomba 2 dlm kebaikan

Hidup perlombaan

Berlomba 2 dalam kebaikan

 

*** HIDUP ADALAH PERLOMBAAN ***

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar…

Sahabat Muslimku …..
Diusia kita yang entah berapa, ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri, “Seberapa jauhkah kita melangkah? dan seberapa banyak bekal yang telah kita siapkan? Karena hidup bukan soal dimensi usia semata, dimana seorang mengurutkan zaman produktifitasnya ke dalam fase yang tidak jelas: Kecil dimanja, muda foya-foya, lalu tua bertaubat dari dosa. Ini murni soal berdedikasi secara baik dan maksimal disisa waktu yang ada. Sebab pada akhir dan kesudahannya, hidup adalah perlombaan mengejar surga dan menggapai keridhaan-Nya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Maka berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan”(QS: Al baqarah :148).

“Dan bergegaslah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.”(QS: Ali’ Imran : 133).

”mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya”. (Al Mu’minuun: 61)

Imam Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah berkata : “Ketika suatu kaum mendengar seruan,

”Maka berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan”,

Juga seruan,

”Dan bergegaslah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi disiapkan untuk orang-orang yang bertaqwa”,

Mereka memahami bahwa maksud dari ayat ini adalah, “hendaknya mereka bersungguh-sungguh agar masing-masing dari mereka menjadi pemenang dalam menggapai kemuliaan itu.
Maka dahulu, perlombaan mereka pada tingkatan-tingkatan akhirat. Kemudian datanglah sesudah mereka kaum yang berlomba-lomba dalam perkara duniawi dengan segala bentuknya yang bgitu cepat hilang dan sirna”(Lathaaiful maarif).

Di dalam surat Al Muthaffifiin, Allah memberikan gambaran yang lebih jauh tentang makna ini. Saat menyebutkan kenikmatan penghuni surga, diakhir ayat ke 26 Allah menegaskan sekali lagi agar kita melakukan perlombaan, Allah berfirman:

”Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda:

”Bergegaslah kalian dalam melakukan amal shaleh, sebelum terjadi berbagai fitnah (yang datang) bagaikan potongan-potongan malam gulita” (HR. Muslim, Ahmad, dan At Tirmidzi).

Semoga Ayat-ayat Al Qur’an dan hadits diatas membuat kita sadar betapa pentingnya beradu cepat dalam kebaikan, bergegas tanpa menunda, karena berkompetisi dalam kebaikan merupakan nafas dan naluri hidup seorang mukmin.

Selamat berlomba Sahabat Muslimku ….

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: