# Diantara cara berbakti kepada orang tua #

 

IBU

IBU

ibu disayang

ibu dan makna

Doa untuk orang tua

Doa untuk ortu

 

# Diantara cara berbakti kepada orang tua #

[1] Mendoakan keduanya dan memohonkan ampun bagi mereka

Allah Ta’ala berfirman

Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. ((QS. Al-Israa’: 24)

Allah Ta’ala juga berfirman,

yang artinya, “Dan ucapkanlah, ‘Wahai Rabbku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu aku kecil.’” (QS. Al-Israa’: 24)

Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk senantiasa berbuat baik kepada orang tua serta senantiasa mendoakan mereka, dengan memohonkan rahmat dan ampunan dari Allah Ta’ala.

[2] Merendahkan diri di hadapan mereka

Hal ini merupakan sebagai wujud sikap tawadhu’ seorang anak terhadap kedua orang tuanya dan rasa kasih sayang seorang anak. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang.” (QS. Al-Israa’: 24)

[3] Menyambung kekerabatan

Di antara cara kita berbakti kepada orang tua adalah dengan menyambung kekerabatan selama keduanya masih hidup, dan setelah salah satu atau keduanya telah meninggal. Dan yang paling baik adalah menyambung kekerabatan dengan kawan ayahnya.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya, setelah ayahnya meninggal.” (HR. Muslim no. 2552)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: