MANFAAT MENGHAFAL AL QURAN: DIJAUHKAN DARI BERBAGAI PENYAKIT

Quran brian

Quran di baca

quran jd pegangan

 

MANFAAT MENGHAFAL AL QURAN: DIJAUHKAN DARI BERBAGAI PENYAKIT

Manfaat Menghafal Al Quran ternyata tidak ada habisnya. Manfaat atau kegunaan menghafal Al Quran ternyata tidak hanya sebatas mendapatkan pahala atau syafaat dunia akhirat saja. Ternyata dari segi kesehatan terbukti Al Quran juga mujarab untuk menghindarkan dari segala penyakit, baik penyakit hati (psikis) maupun penyakit fisik.

Seperti yang dilansir dari eramuslim.com, Seorang guru besar Psikologi di Universitas Al Imam bin Saud Al Islamiyyah, Riyadh Arab Saudi bernama Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani pernah meneliti dua kelompok masing-masing berjumlah 170 orang dari mahasiswa/I Universitas King Abdul Aziz dan Universitas Al-Imam Asy-Syathibi.

Peneliti mencoba menghubungkan kesehatan psikologis seseorang dengan 3 hal, yakni agama, spiritual, sosiologis dan jasmani. Dari penelitian ini membuktikan korelasi positif antara peningkatan hafalan Al Quran seseorang dengan tingkat kesehatan psikisnya. Artinya, mahasiswa yang memiliki tingkat hafalan Al Quran yang baik, maka dia juga memiliki kondisi kesehatan psikis yang baik pula. Sungguh begitu dahsyat manfaat menghafal Al Quran ini.

Jadi peran Al Quran Al Karim tidak hanya sebagai kitab suci yang hanya dibaca sebagai ibadah saja, di sisi lain Al Quran juga mengangkat pribadi seseorang menjadi orang yang sangat luar biasa. Bahkan penelitian lain di Arab Saudi juga pernah menyebutkan bahwa menghafal Al Quran juga meningkatkan ketrampilan khususnya siswa-siswa di sekolah, sehingga pengaruh positifnya lagi prestasi siswa tersebut akan meningkat.

Selain meningkatkan system kekebalan tubuh, menghafal Al Quran juga memberi manfaat-manfaat berikut ini:

Mempunyai pikiran yang jernih.
Kekuatan memori yang tinggi
Mendapat ketenangan dan kondisi psikologis yang stabil
Perasaan senang dan bahagia
Terhindari dari rasa takut, sedih dan kecemasan.
Public speaking yang terlatih
Kemampuan untuk membangun hubungan social yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain.
Meningkatkan IQ otak
Bebas dari penyakit akut serta memiliki ketenangan dan kekuatan psikologis.
Nah, terbukti bahwa manfaat menghafal Al Quran sangat luar biasa dahsyatnya kan?

Sesibuk apapun Anda, berapapun usia Anda atau apapun latar belakang, kini tak ada alasan untuk tidak bisa menghafal Al Quran

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: