Keistimewaan Surah Al-Ikhlas

 

Alikhlas

Al Ikhlas

Surah Al - Ikhlas

 

Keistimewaan Surah Al-Ikhlas

Al-Qur’an terdiri dari 114 surat. Dan di antara suratnya itu, memiliki keistimewaan dan keutamaannya masing-masing. Tapi, keutamaannya itu hanya dirasakan bagi orang yang mengamalkannya. Nah, salah satunya yaitu Surah Al-Ikhlas. Al-Ikhlas memiliki arti memurnikan keesaan Allah. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Amalan yang dapat menghantarkanmu ke surga dan menghapus segala dosa adalah membaca Surah Al-Ikhlas, surah ini dinamai “Al-Ikhlas”, karena ia memurnikan sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ia surah yang paling banyak dijelaskan keutamaan dan keistimewaannya oleh hadits-hadits Nabi yang memotivasi untuk membacanya, menatadaburinya, dan mengamalkan tuntunan maknanya.

Di antara keutamaan surah ini adalah sebagaimana diriwayatkan oleh Mu’adz bin Anas Radiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca, qul huwallahu ahad, hingga dia menyelesaikannya sepuluh kali, maka Allah akan membuatkan istana baginya di syurga,” (HR. Ahmad 3/437. Ath-Thabarani 20/183-184).

Surah yang mulia ini membimbing kita kepada beberapa hal:

1. Penjelasan bahwa kesempurnaan dalam asma dan sifat hanya milik Allah semata.

2. Bawa yang menjadi tumpuan pemenuhan segala kebutuhan dan menjadi solusi segala problematika hidup hanyalah mutlak milik Allah.

3. Mensyucikan Allah dari segala materi berupa anak, ayah, rekan, dan sekutunya.

4. Menolak dengan tegas terhadap paham syirik yang menyekutukan Allah dengan berbagai versi dan organisasi.

5. Menjelasakn sifat-sifat ketuhanan yang maha hak yang tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. (es/rumahkeluarga)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: